Banyak sekali saat ini orang “Asal Kerja”. Asal dapat kerjaan, asal dapat penghasilan, asal gak dibilang nganggur, asal gak dibilang gak ada kerjaan.

Karena semboyannya Asal Kerja, kerjanya pun Asal-asalan. Kerja Asal, asal datang ke kantor, asal dilihat bos ada ditempat. Sehingga tidak ada improvement dalam melaksakan pekerjaannya. Harus selalu diingatkan, karena tidak ada effort dalam jiwanya.

Hasil kerjanya pun asal, banyak kesalahan, seperti bekerja tidak serius. Ini banyak sekali ditemukan, dan banyak membuat supervisor atau manager stress sendiri. Selain Manager dan Supervisor yang stress si karyawan pun akan ikut stress, karena kerja asal-asalan hasil kerjanya pun akan asal-asalan.

Efek lain adalah si karyawa jadi tidak enjoy dengan pekerjaannya, menjadi stress dan menjadi tidak bangga apalagi bahagia dengan pekerjaanya. Akhirnya, mengeluh, mengeluh dan mengeluh. Dari sisi perusahaan ini jelas tidak baik, karena si karyawan jadi tidak produktif.

Kedua “Asal” ini, menjadi momok bagi para HR. Ditengah sulitnya mencari talent yang benar-benar qualified untuk satu posisi, bahkan untuk posisi clerk sekalipun.

Saat ini sering kali saat meng-interview orang ketika ditanya

“Mas, melamar Posisi apa diperusahaan kami?”.

Jawabnya mayoritas “Posisi apa aja pak, yang penting saya kerja”.

Waw, saya sering kali tertegun saat mendapat jawaban seperti ini. Seolah dia sudah putus Asa. Tidak kunjung dapat pekerjaan.

Sedikit saran, agar kita tidak terjebak dalam jawaban Kerja apa aja, yang penting saya kerja.

  1. Ketahui minat kita ada dimana,
  2. Ketahui perusahaan yang kita masukin lamaran ini sedang buka posisi apa
  3. Setelah tahu posisinya, cari tahu Jobdesc nya untuk gambaran. Karena banyak sekali pencari kerja salah mengartikan posisi, ketika ditanya interviewer. Misal, Account Officer banyak yang mengartikannya sebagai staff Accounting. Padahal sangat berbeda.
  4. Tetap tenang saat sesi interview jangan gerogi.

Ya, semoga kita terjebak dalam Kata Asal. Bekerjalah dengan sepenuh hati, bersungguh-sungguh karena kerja adalah bagian dari ibadah

Advertisements