Hidup ini sebuah perjalanan, di mana kita akan berjuang dan berupaya dengan keras untuk tetap bisa bertahan dan mendapatkan apa yang kita inginkan. “Hidup ini begitu keras dan membutuhkan perjuangan”, bagitu kata sebagian orangtua ketika mengajarkan tentang hidup kepada anak-anaknya. Namun, benarkah hidup ini hanya sesimpel itu saja?

Perjalanan dan juga perjuangan, kita tentu membutuhkan sebuah tujuan yang akan dicapai di sana. Untuk apa kita berjalan dan berjuang jika tidak memiliki sebuah tujuan yang jelas di dalam kehidupan kita.

Artinya, kita harus menentukan sebuah titik / tujuan yang jelas terlebih dahulu. Sebab akan menjadi sebuah hal yang sia-sia saja, jika kita menghabiskan waktu untuk berjalan dan berjalan, tanpa mengetahui apa yang akan kita tuju di depan nanti. Ingatlah hidup ini tidak bisa hanya jalan di tempat saja, sebab hal itu hampir sama dengan kematian.

Hidup yang Mengalir Seperti Air

Hidup mungkin akan mengalir seperti air, di mana kehidupan itu mencari jalannya sendiri tanpa sebuah rencana. Tapi tahukah kita, bahkan air yang mengalirpun memiliki tujuan yang pasti, sebab sungai-sungai yang panjang itu akan bermuara ke laut juga. Tak ada sungai yang tak mengarah ke muara dan berakhir di lautan yang luas, sebab ke sanalah tujuannya perjalanan mereka.

Dalam perjalanannya air itu akan mengaliri banyak tanah, hutan, atau bahkan pegunungan yang tinggi sekalipun. Air mengalir dan menjadi sesuatu yang berguna bagi kehidupan ini, bagi tanaman, hewan dan terutama bagi kita manusia.

Lalu, di dalam perjalanan hidup kita yang seperti air mengalir, sudah bergunakah hidup kita bagi orang lain?

Pastikan kita menjadi sesuatu di dalam perjalanan hidup kita, sebab ini akan membantu kita mencari tujuan hidup yang sebenarnya. Ketika kita mengarah kepada tujuan yang jelas, maka kita akan lebih mudah dalam mencapainya, sebab kita bisa mengerahkan semua yang kita miliki untuk mencapai tujuan tersebut.

Semua yang terbaik yang kita mampu

Meski kita memiliki tujuan hidup yang jelas, hal tersebut tidak akan berarti, jika kita tidak bisa mengupayakan yang terbaik untuk mencapai hal tersebut. Ada banyak orang yang mencapai tujuan hidupnya, namun tidak semua orang berbahagia atas pencapaian yang telah mereka lakukan. Tujuan hidup haruslah yang terbaik, dan memiliki dampak baik yang besar bagi kehidupankita. Sebagian orang menganggap ini sebagai impian hidup mereka, sebab seringkali ini terlihat mustahil bagi orang lain di sekitarnya.

Penting bagi kita untuk memiliki keberanian bermimpi, di mana kita menempatkan sejumlah harapan dan tujuan hidupmu sebagai keinginan terbesar yang akan kita capai nantinya. Namun mimpi saja tentu tidak akan pernah cukup, jika kita tidak segera beranjak dan berupaya keras untuk mewujudkannya menjadi sebuah kenyataan di dalam hidup kita. Jangan hanya menjadi pemimpi saja, sebab ini tidak akan membawa kita ke mana-mana.

Beranilah bermimpi, namun lebih berani jugalah untuk berjuang mewujudkan mimpi-mimpi dan impian besar tersebut. Kerahkan semua kemampuan yang kita miliki, bahkan berbagai upaya keras yang tak pernah terpikir oleh kita sebelumnya.

Tujuan hidup bukanlah sebuah titik yang biasa-biasa saja dan bisa kita capai dengan mudah tanpa usaha keras. Jika dia diibaratkan sebagai pegunungan, maka ini adalah puncak tertinggi yang pernah di catat di dunia dan kita harus mencapainya. Berjuanglah dengan sekuat tenaga untuk mencapai tujuan hidup dan mimpi-mimpi, sebab hidup akan selalu menuntut yang seperti itu.

Kesuksesan berawal dari mimpi. jadi sekarang beranikah kita untuk bermimpi? Uraikanlah impian-impian besar kita sekarang, dan berusahalah untuk bisa mewujudkannya.

 

Advertisements