Angka pencari kerja yang sangat tinggi dan tidak diimbangi dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia, mendorong para oknum untuk menjadikannya lahan mencari uang dengan menipu para pencari kerja.

Bagi anda para pencari kerja secara online ada banyak sekali situs yang memungkinkan kita mendapat info lowongan bahkan bisa langsung apply atau melamarnya secara online.

Saya secara garis besar akan memberikan gambaran penipuan bermodus Rekrutmen atau Penerimaan karyawan baru :

  • Memberikan undangan pekerjaan melalui email dengan domain email yang mencurigakan misal perusahaannya. Perusahaan bonafit biasanya akan menyesuaikan domain email dengan nama perusahaannya. Jika berbeda kita layak berhati-hati.
  • Melampirkan surat undangan dengan meminta kita membeli tiket di Travel A (ada travel tertentu yang ditunjuk dengan alibi sudah bekerjasama), kita diminta mengontak PIC tertentu kadang bergelar kadang bertitel tertentu dan nanti biaya tiket tersebut akan diganti setelah proses rekrutmen selesai.
  • Tak lama email masuk biasanya akan ada SMS masuk juga ke nomor kita yang kita cantumkan pada CV. Menginformasikan tentang undangan interview dimaksud.

Ini beberapa modus yang biasa dilancarkan para penipu.

Lalu, bagaimana agar kita tidak terjebak dalam penipuan bermodus rekrutmen ini :

  • Setiap ada lowongan pekerjaan, cek ke Website Perusahaan. Biasanya perusahaan memiliki laman khusus untuk memposting Lowongan misal pada laman Karir. Karena ada perusahaan yang hanya melakukan recruitment di melalui web resminya karena banyaknya modus penipuan seperti ini.
  • Jika mendapat undangan untuk interview, periksa domain emailnya. Kemudian cek ke laman atau Website resmi perusahaan.
  • Jika diminta beli tiket dari Agent Travel tertentu, jangan pernah digubris. Lupakan.

tetap Waspada, tetap semangat.

Advertisements