Selamat pagi, Semangat hari Selasa, Alhamdulillah masih diberi banyak kesempatan dalam hidup kita. Alhamdulillah, setiap episode dalam kehidupan ini selalu menarik dan penuh dengan keasyikan tersendiri.

Bersyukur sekali saya saat ini diberi amanah dan kepercayaan sebagai salah satu pegawai yang menangani masalah kepegawaian. Beberapa  fungsi kepegawaian atau HR adalah melakukan rekrutmen dan training disamping pekerjaan lain yang sangat menantang. Training biasa diberikan diawal karyawan masuk (orientasi) dan ketika karyawan sudah masuk efektif bekerja (Development).

Entah sudah berapa banyak yang saya berikan training, dan permasalahan yang sering dihadapi para calon pekerja/ karyawan ini adalah Believe/ kepercayaan diri, banyak dari mereka yang tidak percaya terhadap kemampuan dirinya sendiri. Salah satu penyebab mungkin karena pada saat mereka kuliah, mereka harus belajar sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh sang Dosen, karena kalau berbeda dengan pengertian sang Dosen maka akan disalahkan.

Jika diperhatikan ada beberapa penyebab karyawan kurang percaya diri baik atas kemampuannya maupun atas diri mereka sendiri.

  1. Takut berbuat salah.Takut berbuat salah merupakan salah satu bentuk tidak percaya pada diri sendiri, pada saat saya mengadakan New Employee Orientation, saya mengatakan bahwa saya pun masih sering berbuat salah, dan kesalahan yang dibuat oleh beberapa orang di perusahaan besar, mendapatkan produk-produk yang menghasilkan milyaran dolar seperti post it note, merupakan kegagalan pada saat membuat suatu produk, dan perusahaan 3M sangat terkenal dengan perusahaan yang inovatif. Jadi berbuat salah bukanlah suatu momok. Yang penting, mereka harus memikirkan bagaimana solusinya kalau mereka melakukan kesalahan.
  2. Tidak berani mencoba hal-hal baru.Karena takut berbuat salah, akibatnya takut juga untuk mencoba hal-hal baru, padahal untuk mengembangkan diri perlu mencoba hal-hal baru. Dengan mencoba hal baru, maka akan didapatkan pengalaman baru. Bagai anak kecil, yang suka melakukan eksplorasi, yang belum pernah dia lakukan. Dari hasil eksplorasi seorang anak kecil, maka dia akan mempunyai pengalaman yang sangat kaya.Pada saat saya kecil saya senang sekali mencoba hal baru, melakukan explorasi. Saya masih teringat pada saat saya masih kecil mungkin umur saya sekitar 5 tahun pada saat itu, dan orang tua sering mengatakan kalau habis makan jangan loncat-loncat. Tetapi saya ingin tahu apa yang terjadi kalau habis makan lalu loncat-loncat, saya mencobanya, dan setelah beberapa kali melakukan loncat-loncat, saya merasa kesakitan di perut saya. Dan sesudah itu saya tidak pernah mencobanya lagi.

Berkat orang tua saya yang selalu membiarkan saya untuk melakukan eksplorasi hal baru, sampai sekarang saya suka untuk mencoba hal-hal baru, dengan membaca banyak buku, maka saya akan mencoba apa yang menurut buku dan menurut pikiran saya itu baik, maka akan saya coba.  Setelah mencoba hal-hal baru, biasanya kepercayaan terhadap diri sendiri meningkat, dan ini akan mempunyai efek bola salju, untuk peningkatan rasa percaya diri.

Salah tujuan dari lakukannya training diawal (orientasi) karyawan baru selain untuk memperkenalkan tempat kerja/ perusahaan ke perusahaan juga untuk menumbuhkan rasa percaya diri karyawan tersebu, kalau sudah mempunyai rasa percaya diri, bahwa dia bisa melakukan, maka hasil pekerjaannya akan luar biasa baik.

 

