Bulan Desember 2016 dan Januari 2017 bagi saya adalah shocking months. Penuh kejutan dan sangat luar biasa. Banyak sekali plan yang sudah dibuat ditahun 2017 berantakan, dan sepertinya hanya tinggal rencana.

Memang benar, kita sebagai manusia sebagai pelaku kehidupan hanya memainkan skenario yang telah ditentukan Sang Sutradara Kehidupan. Setiap kita tentu sudah diberikan perannya masing-masing sesuai dengan kapasitas dan kapabilitasnya masing-masing.

Siang ini, saat makan siang saya sengaja mampir ke kantor istri untuk makan siang bareng. Ditengah perjalanan saya bilang “semua rencana kita berantakan untuk tahun ini”. Dengan bijak istri menjawab “Mungkin Tuhan punya rencana lain yang jauh lebih baik”.

Ya, sekali lagi benar. Kita hanya bisa membuat rencana selebihnya Tuhan yang menentukan.

Tetaplah berpikir positif atas apapun yang terjadi dalam hidup kita. Ingat semuanya sudah ada yang mengatur, sudah ada yang merancang. Kita tinggal menjalaninya dengan penuh rasa syukur.

Yang saya tahu, Tuhan tidak pernah mengecewakan saya. Rancangan-Nya sungguh luar biasa, tanpa cela.

#catatankakilangit

 

