Pagi ini, sebagai salah satu penghuni jejaring sosial pesbuk. Saya cukup khawatir dengan makin memanasnya Cyber War. Saling serang, saling maki, saling membodoh bodohkan, saling menyalah-nyalahkan.

Dalam pandangan pribadi saya ini akan sangat berbahaya, entah untuk diri kita, lingkungan maupun negara. Jika Cyber War ini terus dibiarkan. Mungkin awalnya perang terjadi hanya di wall, timeline. Mungkin bisa saja nanti akan terjadi didunia nyata jika trus dibiarkan.

Disamping itu, kondisi seperti ini jelas kontraproduktif. Orang yang semestinya bekerja, mencangkul disawah, fokus dengan pekerjaan menjadi terbengkalai karen perang komentar dan share-share apa yg menurutnya benar atau pun salah ketika memojokan lawannya.

Cyber war makin nyata, kenapa? Jika saya amati tiap2 koloni seperti punya pasukan khusus yang siap menghembuskan issue-issue, membuat meme, membuat status, membuat tanda tagar, dan banyak lagi. Saya iseng-iseng berkunjung ke beberapa laman yang biasa membagikan postingan-postingan tertentu, wah ternyata ada istilah “cyber army” jujur saya agak gimana gitu.

Jelas Cyber War ini terorganisir. Entah siapa, entah orang mana, entah untuk apa.

Yang pasti sebagai anak bangsa, warga negara yang mencintai NKRI saya berharap semua pihak segera menghentikan Cyber War ini, sudah banyak sekali testimoni dari temen2 saya yang tadinya teman akrab jadi bermusuhan karena perang komentar. Dan bagi sebagian ini bagian dari Risiko Cyber war. Bagi saya, bukankah memutus silaturahmi itu tidak baik?

Yuk, hentikan share-share hal apapun terkait yang menjelekan, memojokan, mencemooh. Mulailah share hal-hal, meme, tulisan, status yang memberi motivasi, pencerahan dan arti kehidupan, atau pun tentang Hubunganmu dengan Tuhanmu atau sesamamu.

Yuk kembalikan fungsi facebook sebagai media sosial, bukan sebagai media perang. Dimana kita bisa saling sapa, saling bersahutan komentar tentang persahabatan, kehidupan bukan Gue yang bener, Lu yang salah.

Bagi yang Merasa muslim mumpung masih pagi, ayo wudhu kita Dhuha.

Bagi umat lain, hayu mulai aktifitas dengan Doa.

Semoga Indonesia selalu damai, sejahtera, adil dan makmur.

#catatankakilangit

