Bangunlah Karir Bukan Hanya Bekerja

“Saya yang penting bekerja, berpenghasilan, saya g pusingin masalah lainnya”

“Wah saya baru 2 bulan disini tapi kok rasanya ga betah banget ya, g nyaman suasana kerjanya, bosnya galak, cerewet ”

“Hebat ya kamu bisa kerja disana, beruntung banget kamu ya …, saya belum tentu bisa.”

Percakapan di atas mungkin pernah terlintas di kepala kita, atau mungkin pernah mendengar dari orang lain. Mencari pekerjaan adalah bukan sesuatu yang mudah. Mencari pekerjaan yang tepat dan membuat diri kita sebagai pekerja happy jauh lebih sulit lagi.

Banyak sekali orang yang melihat bagus atau tidaknya sebuah pekerjaan dari melihat orang lain yang kita anggap keren, pintar, terlihat happy mengerjakan suatu pekerjaan. Kadang ada juga yang beranggapan selama gajinya besar (mostly) dan karir yang terlihat cepat pasti ini adalah pekerjaan yang bagus.

Pertanyaannya adalah, apakah semua anggapan di atas benar?   

Pekerjaan seperti halnya diri kita sendiri, sesuatu yang sangat unik. Sebuah perusahaan yang dianggap bagus bagi banyak orang belum tentu cocok untuk kita, dan belum tentu bagus untuk perkembangan diri kita pada saat ini maupun masa depan. Untuk itu mari kita coba jawab dulu 5 pertanyaan ini sebelum kita melangkah untuk mencari kerja atau pindah kerja.

1. Apakah Tujuan Hidup atau Life Purpose kita?   
Wah, berat banget kayaknya ini ya pertanyaan pertama. Tapi,  ini adalah pertanyaan yang paling penting yang harus kamu jawab sebelum mulai mencari karir seperti apa yang kita inginkan. Kita perlu tahu apa sebenernya yang menjadi panggilan hidup kita. Kita perlu tahu apa yang paling menyentuh dan membuat hati kita tergerak.

Misalnya, saya ingin lebih banyak membantu orang banyak, ataukah ingin membantu sedikit orang saja tapi saya bantu secara dalam, atau saya sangat tergerak dengan isu edukasi, saya ingin memberi kerja untuk banyak orang dan menginspirasi banyak orang, atau saya tergerak dengan isu lingkungan.

Hal ini penting untuk melihat sebenarnya pekerjaan/profesi apa saja mungkin cocok untuk kita, apakah di dunia entertainmen, edukasi, perusahaan retail, atau lingkungan. Yang paling penting tempat kerja kita itu sesuai dengan purpose dan tujuan hidup kita. Temukan Passion kita, hati kita ada dimana.

2. Apakah perusahaan idaman mempunyai nilai yang sesuai dengan nilai nilai hidup kita ?   
Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana nilai-nilai yang dianut dan diaplikasikan oleh tempat kerja idaman kita? Ketika mencari tempat kerja, kita perlu lihat apakah nilai yang ada di perusahaan itu sama dengan yang kita miliki. Misalnya, apabila integritas adalah sesuatu yang bagi kita non-negotioble, kita harus lihat tempat kerja yang juga menjunjung tinggi integritas, tidak korupsi, tidak melakukan suap, dll.

Karena se-keren apapun tempat kerjanya, sebesar apapun gajinya, kalau bertentangan dengan nilai personal yang kita miliki, kita tidak akan betah karena setiap hari kita merasa bertarung dengan hati nurani kita sendiri.

3. Apakah saya suka dengan budaya organisasinya?   
Budaya perusahaan atau organization culture-nya seperti apa ya? Kalau kita yang selalu berjiwa muda ingin perusahaan yang budayanya egaliter, tidak terlalu hierarkis, lebih baik cari perusahaan yang sesuai dengan preferensi personal kita. Lain lagi kalau kita ingin perusahaan yang formal, teratur, dan settle, terlihat professional, selalu pakai jas dan dasi, silahkan cari juga yang kira kira sesuai.

Tidak ada yang benar dan salah dalam memilih ini dan tidak ada juga yang satu lebih baik dari yang lain. Organization culture atau budaya perusahaan sangat penting, karena misalnya kita pribadi yang teratur dan semua perlu dalam tatanan yang teratur, kita masuk ke perusahaan yang sangat flexible, independen, dan sering berubah, kita bisa frustasi dibuatnya.

4. Bagaimana Pelatihan dan Pengembangan Karyawannya ?   
Memulai karir dan berpindah karir adalah sebuah keputusan yang penting dan besar. Banyak sekali pertimbangan yang perlu dilihat. Bagaimana perusahaan itu memperhatikan dan mengurus perkembangan karyawannya adalah pertimbangan yang sangat penting. Compensation and Benefit atau gaji pastinya merupakan salah satu yang terpenting ketika memilih suatu perusahaan, namun kita perlu ingat, bahwa ketika kita melangkah ada satu investasi yang sangat berharga yang kita pertaruhkan disana, itu adalah waktu.

Apabila kita mengejar compensation and benefit yang besar tapi pembelajaran yang bisa kita dapat sedikit, tantangannya tidak menarik, posisi dan tanggung jawabnya juga terkesan monoton, kita perlu hati-hati. Karena waktu kita itu adalah investasi yang paling berharga, kita perlu selalu invest  waktu dengan dengan personal development, dan pekerjaan yang menunjang perkembangan dan pembelajaran kita. Kita perlu berpikir karir jangka panjang dan bukan pada saat ini saja.

 5. Bagaimana pekerjaan ini membantu karir jangka panjang dan life purpose saya?  
Terakhir, kita perlu tahu bagaimana pekerjaan kita ini bisa membantu karir kita ke depan? Tidak semua pekerjaan itu kita akan suka dan kadang berat, tetapi apabila membantu karir kita di depan, kenapa tidak ? Kadang kita perlu mengorbankan beberapa hal untuk bisa mendapatkan keinginan kita yang lebih besar lagi di depan. Misalnya, saya tidak suka sales, tapi saya ke depannya ingin menjadi CEO, mengapa kita tidak melihat sales adalah sarana pembelajaran untuk kita sehingga nanti ketika jadi seorang CEO, kamu mengerti mengenai sales dan bisa mempunyai skill dan pandangan tentang sales yang mumpuni.

Jadi, coba sekarang untuk cari waktu untuk rileks dan bisa refleksi dan berpikir mengenai pertanyaan-pertanyaan di atas, dan mulai menata rencana untuk bukan hanya mencari kerja, tapi membangun karir, dan membangun hidup yang lebih berarti.

#catatankakilangit #dream #bod #believe #ceo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s