Akselerasi Karir

Hola, Selamat Siang,

Tak terasa sudah hari jumat, artinya sudah menjelang Weekend ya. betapa bahagianya para pekerja mendengar hari Jumat sampai ada ungkapan Thanks God Its Friday (TGIF). Oke kita lanjut berbagi tips ya.

Sebelumnya saya ingin menyampaikan selamat kepada rekan-rekan pencari kerja yang sudah mendapatkan pekerjaan baru, ditempat dan suasana baru, termasuk untuk rekan-rekan yang masih fresh graduate. Selamat! Setelah terjun di dunia kerja, kini saatnya bersiap untuk akselerasi karirmu.

Kamu sekarang mestinya merasa bersemangat dan siap membangun karir kamu sebagai seorang professional.  Masa-masa kuliah telah usai, kamu masuk ke dunia yang orang banyak bilang “The Real World”.  Bekerja di perusahaan atau instansi tentunya akan berbeda dengan kuliah. Sekarang kamu mungkin akan lebih mengerti artinya Thank God It’s Friday dan I Hate Monday!

Dalam dunia kerja, selain harus bisa bertahan, kamu juga harus mulai memikirkan bagaimana caranya untuk membangun karir untuk masa depan. Karena setiap langkah yang kamu lakukan sekarang akan berpengaruh pada percepatan karir kamu.

Karir dan rejeki memang sudah ada yang mengatur dan ada faktor “X” yang namanya kesempatan. Tapi kita perlu mempersiapkan diri sehingga ketika kesempatan itu datang kita sudah siap menyongsongnya.

Ada 5 hal yang akan dapat membuat karirmu melesat !

1.Bawa solusi!

Selalu bawa mindset solution-oriented kemana pun kamu pergi. Solusi adalah added value yang dibutuhkan oleh organisasi ketika mereka meng-hire kamu. Ketika kamu diberi tugas dan menghadapi sebuah permasalahan, jangan langsung merasa tidak tahu, atau karena baru langsung minta arahan dari atasan.  Coba lihat dengan jelas permasalahannya lalu formulasikan beberapa alternatif solusi. Setelah kita siap, baru datang lagi ke atasan dengan alternatif solusi.

Sampaikan bahwa kita sudah memikirkan beberapa solusi, dan minta advice dari pilihan solusi tersebut. Hal ini akan membuat kamu tampak independen dan atasanmu merasa terbantu. Karena anak buah yang bisa konsisten menawarkan solusi akan dianggap punya kapabilitas cukup dan siap untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar. Atau dengan kata lain … sudah siap promosi!

2. Kerjakan kerjaan bosmu

Jangan merasa terbebani kalau atasanmu memberikan sebagian dari tanggung jawabnya kepada kamu. Ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu bisa bertanggung jawab akan hal yang lebih besar. Pekerjaan atasanmu ini akan dilihat oleh atasannya lagi, dan membuat kamu terekspos pada orang-orang yang levelnya lebih tinggi.

Maka dari itu, lakukan tugas yang diberikan dengan sebaik mungkin dan pastikan semua berjalan baik. Ketika atasanmu sedang cuti atau sakit, ini juga adalah kesempatan untuk kamu support atasanmu dengan membantu mengerjakan pekerjaannya. Dengan begini,  dia akan memiliki waktu dan energi lebih banyak untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih strategis. Itu artinya kesempatan atasanmu dipromosi bisa lebih besar! Kalau dia dipromosi, siapa yang paling siap dan sudah biasa mengerjakan pekerjan atasanmu ? Yessss ! Kamu !

3. Gaul

Ada kutipan bagus yang berbunyi “It is not what you know that makes you succeed, but who you know! and more importantly, who knows you!”  Gaul sama semua orang dari mulai office boy sampai CEO.  Perilaku ini bisa dimulai dengan menyapa satpam yang setia membukakan pintu di kantor, selalu mengucapkan terima kasih pada office boy dan lain sebagainya.

Untuk lebih mengenal orang-orang di level yang lebih tinggi, hal yang bisa dilakukan adalah ikut kepanitiaan acara informal kantor seperti jadi ketua panitia acara 17 Agustusan, atau kegiatan internal staff seperti olahraga atau musik. Hal ini bisa membuat kamu terekspos dengan pimpinan perusahaan. Yang penting, lakukan yang terbaik.  Lebih keren lagi kalau bisa buat sesuatu yang unik sehingga nanti orang akan ingat sama kamu. “Ohhh dia tuh yang bikin acara Tahun Baru kemarin, idenya kreatif ya ! Wah orang bagus kayak gini harusnya ngurusin marketing kita !”  … There you go!

 

4. Support teman satu tim

Nobody Makes it Alone. Orang yg maju karena sikut kiri kanan tidak akan jauh melangkah, cepat atau lambat dia akan terhambat oleh perilakunya sendiri. Maka dari itu, jadilah orang yang membantu rekan kerjanya, karena team work yang baik akan menghasilkan kinerja yang baik dan suasana kerja yang baik. Penting untuk orang merasa nyaman untuk bekerja dengan kita. Reputasi bahwa kita selalu mendukung dan menghasilkan kerja yang baik adalah prestasi. Tim yang baik pasti akan menjadi sorotan dan contoh bagi yang lain. Apabila ditelaah siapa yang banyak berkontribusi dan membantu suksesnya tim kita, … Yes ! orang akan menunjuk kamu ! dan tentunya perusahaan ingin menaruh orang seperti ini di tempat-tempat yang strategis.

5. Buat Kesalahan!

Kok malah buat kesalahan? Iya, karena justru awal ketika kamu bekerja itu adalah waktunya untuk buat kesalahan. Selain resiko dan dampaknya lebih kecil , biasanya kamu akan belajar lebih banyak dari kesalahan atau kegagalan. Yang penting jangan disengaja atau berulang kali salahnya itu lagi itu lagi.

Membuat kesalahan pada saat tanggung jawabmu sudah lebih besar berdampak lebih fatal.  Ketika kamu banyak belajar di awal karir kamu akan membuat kamu lebih siap dengan tantangan, dan kamu akan terlihat kuat dan tampil sebagai individu yang tidak mudah menyerah dan mau belajar.

Jadi, sekarang mulailah untuk membangun karir, nikmati awal dari karirmu, dan selalu semangat !

have a nice weekend

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s