Hanya Opini

Jika kesuksesan diukur hanya dari materi semata. Tentu sudah banyak sekali orang yang dinyatakan Gagal. Kenapa demikian? Silahkan perhatikan disekitar berapa banyak orang yang kurang beruntung dari segi materi.

Namun, sudah terlanjur menjadi opini publik bahwa orang sukses adalah orang yang punya banyak harta, punya tahta yang bagus dan bla-bla-bla. menurut saya ini opini kolonial dulu yang masih tertanam kuat di negeri kita. Semuanya diukur dengan materi, jabatan dan  strata sosial.

Kesuksesan tentu tidaklah diukur hanya dari materi semata, karena sukses adalah sebuah perjalanan dan bukan tujuan. Sehingga akan ada banyak faktor yang membuat seseorang dinyatakan sukses.

Sukses juga bisa beragam maknanya dan implementasi. Contoh sukses berkarir, sukses berkeluarga, sukses dalam bidang akademis dan lain-lain.

Menurut saya sukses itu adalag opini, opini kita terhadap diri kita dan terhadap orang lain dan sebaliknya opini orang lain terhadap kita.

Sehingga pada dasarnya sukses hanya 1 kata yang menggambarkan keadaan bukan sebuah realita. Karena tidak ada satu pun yang dapat mendefinisikannya secara baku. Jika demikian, kenapa kita harus haus pujian akan kesuksesan?

Bagi saya orang sukses adalah orang yang mampu memaksimalkan semua potensi, mampu berdiri diatas kakinya sendiri, hidup dari hasil perjuangannya, mampu berjuang melawan semua keterbatasan, mampu bersyukur, mampu berbagi. Mereka sudah sukses.

Renungan pagi ini, Selamat berakhir pekan. Bagi yang masih harus bekerja selamat bekerja, tetap semangat! Bagi yang menikmat akhir pekan, selamat berakhir pekan. Utamakan keluarga tercinta.

#dream #believe #bod #36 #fight #itwillbe #catatankakilangit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s