Tips Agar Pulang Kantor Tepat Waktu

Kerja 8 jam sehari rasanya gak akan cukup untuk menyelesaikan pekerjaan. Selalu ada saja alasan untuk pulang telat ke rumah alias lembur (overtime). Hasilnya, waktu untuk diri sendiri, pasangan, teman dan keluarga jadi berkurang karena terlalu “cinta” sama pekerjaan.

Padahal, ada banyak cara yang bikin kamu bisa pulang tepat waktu biar bisa nikmatin hidup. Bisa punya ‘me time’. Bisa menikmati waktu bersama keluarga, kolega dan yang lainnya. Ingat kita bekerja harus bisa menikmati hasilnya bukan?

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk bisa pulang tanggo atau pulang tepat waktu.

Buat To Do List

Mungkin ini hal umum, tapi coba deh lakukan. Tulis apa saja pekerjaan yang harus kita lakukan berikut deadline-nya. Dengan begini kita akan tahu apa yang menjadi fokus utama di hari itu. Jika pekerjaan terlalu banyak, coba bagi ke dalam daftar, entah itu sesuai project pekerjaan ataupun deadline. Beberapa aplikasi pada Smartphone mungkin bisa membantu kita dalam melakukan hal ini.

Namun, jika tidak mau menggunakan aplikasi di smartphone kita juga bisa menggunakan buku Agenda, tulis apa yang harus dikerjakan dihari itu. Kemudian jangan lupa review saat akan istirahat dan saat mau pulang.

Coba “Aturan 2 Menit”

Ini seperti yang dianjurkan oleh seorang entrepreneur  Steve Olenski. Jadi, jika ada pekerjaan yang dapat kamu lakukan selama 2 menit atau kurang, lakukan secepatnya. Menundanya malah akan membuat pekerjaan menumpuk atau malah lupa dilakukan.

Mau pulang cepat dari kantor kok malah disuruh istirahat? Menurut banyak pihak mengambil jeda saat melakukan pekerjaan dapat meningkatkan produktivitas, lho. Salah satunya yang dilakukan oleh Draugiem Group, sebuah perusahaan social networking. Menurut mereka 10% karyawan dengan produktivitas paling tinggi mengambil istirahat selama 17 menit untuk setiap 52 menit bekerja.

Jangan Lakukan Multitasking

Sekali mendayung dua pulau terlampaui. Itu mungkin harapan kita saat melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Tapi menurut Psikolog, kegiatan multitasking ternyata hanya akan membuat kita kehilangan waktu dan produktivitas. Selain itu, kita akan  jadi kehilangan fokus. Maka dari itu coba biasakan menyelesaikan satu pekerjaan dulu, baru pindah ke pekerjaan lainnya.

Manfaatkan Perjalanan Kita

Cocok banget untuk yang tinggal di kota besar dengan kemacetan yang luar bisa. Jika kita menggunakan transportasi umum, jam kantor kita bisa dimulai saat di perjalanan. Dibanding game atau browsing yang kurang bermanfaat atau lihat postingan barang baru online shop di Instagram, coba gunakan untuk membuat to do list atau baca e-mail.

Berani Membagi Pekerjaan

Bukan berarti kita hanya santai-santai saja, ya. Tapi ini juga bagian dari pekerjaan, terutama jika pekerjaan kita adalah proyek tim. Jika ada beberapa to do list yang seharusnya bukan pekerjaan kita atau terlalu berat untuk kita, nggak ada salahnya untuk didelegasikan kepada orang atau meminta bantuan. Siapa tahu mereka memiliki waktu yang lebih kosong. Jika pun ada pekerjaan yang ringan, jangan ragu untuk meminta anak magang. Biasanya mereka lebih antusias membantu.

Matikan Notifikasi

Entah itu dari media sosial ataupu e-mail. Biasanya hal ini bikin kita terdistraksi saat pekerja karena mau tahu isi dari notifikasi tersebut apakah itu komentar baru di Facebook atau foto kita di Instagram, Path dapat Like. Saat bekerja coba matikan itu semua. Buat jadwal khusus untuk mengecek itu semua, misal pada saat istirahat atau setiap 3 jam sekali.

Silahkan jujur pada diri sendiri notifikasi itu sangat mengganggu konsentrasi. Lebih baik di-silent atau dimatikan saja saat jam kerja.

Memindahkan Aplikasi Smartphone Penting yang berkaitan dengan Pekerjaan ke PC

Kita semua tidak bisa lepas dari komunikasi bukan? Saat ini banyak pekerja memanfaatkan aplikasi seperti WhatsApp, Line, Telegram untuk diskusi masalah pekerjaan. Ada baiknya semua aplikasi tersebut diinstall dikoneksi ke PC agar konsentrasi kita tidak buyar dengan pegang HP/ Smartphone. Cukup di PC, kita bisa pilah-pilah mana yang urgent (group kerjaan) atau yang lain.

Bagi saya ini sangat membantu karena tidak perlu memecah konsnetrasi denga

Demikian beberapa hal yang dapat kita lakukan agar dapat pulang dengan tepat waktu. Ingat pulang tepat waktu adalah sebuah hak jika datang tepat waktu atau sebelum jam kerja dimulai/ datang lebih awal ketempat kerja adalah kewajiban maka pulang tenggo adalah hak karyawan, selama semua pekerjaan sudah selesai dikerjakan.

Salam

#dream #believe #bod #catatankakilangit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s