Hati-Hati Penipuan Modus Rekrutmen

Selamat Pagi,

Selamat hari Senin,

Semangat beraktifitas.

Bagi para pekerja, hari biasanya hari yang kikuk penuh dengan aktifitas. Bagi para pencari kerja hari senin tetap menjadi hari yang penuh harapan untuk mendapatkan pekerjaan impian. Semoga semua pencari kerja dapat keberkahan pagi ini dan semua harapannya terpenuhi.

Pagi ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman untuk mengantisipasi penipuan berkedok penerimaan karyawan baru. Bagi para pencari kerja mendapat panggilan interview berarti 30% harapan mendapat pekerjaan sudah terpenuhi. Sisanya ditentukan skill, atittude dan kecocokan dengan jenis pekerjaan dengan harapan.

Nah, belakangan sangat marak sekali yang namanya penipuan berkedok penerimaan karyawan baru. Yang disasar bukan hanya para pencari fresh graduate namun para profesional pun menjadi sasaran penipu ini.

Beberapa Modus penipuan berkedok penerimaan karyawan baru :

  1. Mengirimkan email bahwa pencari kerja telah lolos dan tinggal mengikuti proses training, dengan syarat harus membeli tiket dari Travel Agent tertentu.
  2. Mengirimkan SMS dengan meminta kita/ pencari kerja melakukan telepon balik ke nomor tersebut
  3. Memungut biaya dengan alasan adanya biaya operasional.

Dari beberapa modus diatas ada beberapa cara jitu menghindari menjadi korban penipuan :

Periksa Domain Email

Saat menerima undangan interview melalui email, periksa kembali domain email. Biasanya para penipu menggunakan email yang berbeda dengan domain email perusahaan namun mereka menggunakan domain email gratisan seperti gmail.com atau yahoo.com

Periksa Surat Panggilan yang dikirim

Jika domain email telah diperikas silahkkan periksa surat pangggilannya, apakah ada mengharuskan kita membeli tiket di travel agent tertentu. Jika iya, dapat dipastikan ini modus penipuan. Jangan dilanjutkan, lupakan.

Bertanya

Jika mendapat panggilan kerja, kita harus aktif bertanya. Tanyakan ke orang-orang sekitar, ke kakak kelas atau siapa saja tentang reputasi, letak kantor dan lain-lain. Karena banyak penipu biasanya memberikan alamat palsu atau menyewa space di ruko-ruko tertentu. Penipu ini biasanya akan meminta tarif atau mematok uang pendaftaran ke pencari kerja.

Periksa Website Perusahaan

Ini cara jitu, karena banyak perusahaan akan menaruh lowongan kerjanya di Website mereka (Career). Silahkan cek kembali domain email yang mengirim email dengan alamat website perusahaan. Jika berbada jangan dilanjutkan. Lupakan.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

tetap semangat!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s