“Saya mau kerja apa saja, asal jangan sales”

Sudah 6 tahun ini saya bergelut dengan pekerjaan didunia HRD. Dunia yang sejak dibangku kuliah menjadi keinginan dan cita-cita, Alhamdulillah mimpi itu terwujud. Bekerja didunia yang kita senangi membuat kita happy saat bekerja dan enjoy. Jujur bagi saya bekerja sebagai HR dan merintis karier didunia sangat menyenangkan.

Banyak sekali pengalaman, ilmu, koneksi dan terutama materi yang saya dapat dari dunia HR. Dunia HR adalah dunia yang dinamis, terus berubah dan kita sebagai orang yang bergelut didalam jangan merasa sudah pintar.

Saat ini saya dan team saya sedang mengejar target memenuhi man power untuk tenaga penjual. Saat interview sering kali saya melakukan edukasi dan sering kali saya memancing kandidat untuk bercerita tentang cita-cita, harapan atau keinginannya dalam lima tahun kedepan. Setelah itu biasanya saya akan menanyakan apa pekerjaan cita-cita mereka/ pekerjaan impiannya.

Jawabannya dari para pencari kerja saya sudah bisa tebak, rata-rata jawaban mereka adalah “saya mau kerja apa saja”. Saya biasanya akan nimpali “yakin mau kerja apa saja?” Biasanya mereka akan menjawab “asal jangan sales”.

Kalau sudah begini saya biasanya akan mengajak mereka beranalogi. Beberapa dari mereka memang banyak mau mencoba menjadi sales setelah diberi gambaran dan dibuka mindsetnya. Namun beberapa dari mereka bergeming dan hanya berminat menjadi Admin meski sebelumnya menyatakan “saya mau kerja apa saja”.

Bagi saya, jawaban “saya mau kerja apa saja” adalah jawaban pasrah, keputusasaan dan menunjukan rasa percaya diri si pelamar. terlebih jika ditimpali dengan tambahan :asal jangan sales”.

Bagi saya Sales atau tenaga penjual adalah pahlawan dari perusahaan, mesin lokomotif penggerak perusahaan. Tidak ada 1 pun perusahaan didunia ini yang tidak memiliki tenaga penjual meski dengan sebutan atau jargon yang berbeda. Tanpa sales perusahaan akan mati.

Sales adalah pekerjaan yang menjanjikan banyak penghasilan dan dapat menjadikan seorang sales menjadi Jutawan. Saran saya bagi para pencari kerja, jangan terlalu banyak memilih pekerjaan. Dunia usaha saat ini sedang lesu, jumlah pencari kerja setiap bulan terus bertambah, PHK dimana-mana.

Bagi yang sudah bekerja, mari bersyukur dengan cara bekerja dan berusaha dengan lebih keras lagi agar apa yang ditargetkan terhadap kita akan dapat terpenuhi sehingga produktifitas kita di perusahaan dapat meningkat.

Leave a Reply

