Jangan Bangga Pulang Larut Malam

Hidup itu seimbang, Tuhan sudah membagi-bagi waktu dengan sangat sempurna. Ada siang, ada malam. Begitu pula waktu untuk beribadah, jeda dari setumpuk kesibukan mengejar duniawi.

index
Ilustrasi Pulang On Time

Bagi sebagian orang yang menjadi pekerja kantoran pulang larut malam saat ini seolah menjadi kebiasaan bahkan kebutuhan karena tuntutan pekerjaan. Bagi orang yang tinggal dan bekerja di Jakarta pulang malam selain karena tuntutan pekerjaan biasanya juga untuk menghindari kemacetan.

Nah, banyak sekali saat ini orang yang bangga bisa pulang larut malam. Bahkan seringkali mereka menyindir atau mengatakan orang yang pulang tidak terlalu larut tidak loyal atau bukan pekerja keras.

Hmmm… saya secara pribadi jelas tidak setuju dengan sindiran atau ucapan mereka yang seperti itu. Bagi saya pulang cepat atau tepat waktu adalah sebuah prestasi kerja. Kenapa? alasan saya jabarkan :

  1. Orang yang pulang tepat waktu/ Tanggo adalah orang yang bisa me-manage waktu dengan baik. Sehingga saat jam pulang tiba pekerjaan mereka sudah selesai.
  2. Orang ang pulang tepat waktu/ Tanggo adalah orang yang sehat. Karena mereka bisa memanage waktu dan membaginya. Ada saatnya bekerja, ada saatnya memanjakan diri sendiri.
  3. Orang yang pulang tepat waktu/ tanggo lebih happy. Ya mereka lebih happy karena bisa mengatur waktu untuk pekerjaan dan hal lainnya yang bersifat pribadi.
  4. Waktu untuk keluarga, ya dengan pulang tepat waktu memberikan waktu bagi pegawai untuk lebih lama bercengkrama dengan keluarga. tentu hasilnya akan sangat positif dan membuat pegawai lebih produktif.

Disamaping 3 alasan tadi masih banyak alasan lain bagi kita untuk pulang lebih awal/ tepat waktu, dari sisi perusahaan :

  1. Menghemat biaya belanja pegawai. Dengan pulang tepat waktu otomatis perusahaan tidak akan mengelurakan uang/ biaya lembur untuk pegawainya yang melakukan lembur
  2. Hemat Listrik. Hemat listrik karena saat ini hamoir semua perangkat kerja kita memerlukan aliran listrik contoh komputer, AC, Printer, Lampu. Dengan pulang tepat waktu biaya operasional untuk biaya listrik dapat diminimalisir.

So, dengan demikian pulang tepat waktu itu kita telah memberikan banyak kontribusi penghematan/ efisiensi bagi pengeluaran biaya dikantor. Dan tentu saja karyawan akan jauh lebih sehat dan produktif.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s