Mencintai Pekerjaan

Ada Pepatah “Love your Job not Your Company” yang artinya kurang lebih “Cintai Pekerjaanmu bukan perusahaan tempatmu bekerja”. Pepatah ini ada benarnya namun tidak sepenuhnya benar.

Latar belakang quotes diatas adalah karena banyak sekali orang bisa pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain baik karena dibajak dengan tawaran benefit dan kompensasi yang lebih baik maupun karena alasan lainnya.

Perpindahan karyawan dari satu perusahaan ke perusahaan lain merupakan sebuha kelaziman demi nama karier banyak orang bergerilya dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain.

Ungkapan diatas memberi efek posistif bagi para pekerja dimana mereka diminta mencintai pekerjaan sehingga mereka dapat lebih mendalami pekerjaannya sehingga mereka menjadi seorang expert atau ahli. Setelah menjadi ahli dalam satu spesifikasi pekerjaan otomatis harga jual pun jauh lebih mahal. Kurang lebih itu pesan dari “Love your Job not your company“.

Bagi siapapun mencintai pekerjaan menurut saya merupakah sebuah keharusan. Untuk mencintai perusahaan meski teramat sulit namun kita dapat menumbuhkan yang namanya “sense of belonging” atau rasa memiliki sehingga dengan demikian kita akan jauh lebih peduli dengan kondisi perusahaan dan akan jauh lebih mendalami apa yang disebut dengan business process.

Jika kita bisa menghadirkan cinta pada pekerjaan dan menumbuhkan sense of belonging saya percaya bahwa setiap dari kita akan tumbuh menjadi seorang yang memiliki kepribadian yang baik, tidak menjelekan institusi tempat kita bekerja dan menjadi expert dibidangnya.

Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s