Ketika Kamu Tidak Punya Mimpi

Hari minggu, waktu yang tepat untuk beristirahat. Bagi saya hari minggu ini merupakan waktunya packing-packing bersiap untuk pulang kembali ke Rumah, kembali bersama bidadari kecil yang selalu menjadi penyemangat da pelipur semua duka.

Jpeg
Hutan Konservasi Mangrove Tarakan

Seminggu pergi dari rumah dalam rangka perjalanan dinas, bertemu dengan banyak orang meng-interview satu persatu pelamar memberi banyak sekali saya kesan dan inspirasi. Semua orang memiliki keunikannya sendiri-sendiri, semua orang memiliki cara berkomunikasi sendiri-sendiri dan memiliki pola pikir yang sangat beragam.

Dari sekian banyak pelamar yang saya interview, sering kali saya melontarkan pertanyaan “apa cita-cita anda?” jawabannya sungguh mencengangkan karena banyak dari pelamar yang menjawab saya tidak punya cita-cita.

Hmmm….saya sempat mengernyitkan dahi, kog bisa orang hidup tidak punya mimpi/ cita-cita. Bagaimana kita hidup tanpa cita-cita? Apa tujuan hidup kita jika tidak punya cita-cita? Apa yang kita perjuangkan jika kita tidak punya cita-cita?

Saya pun menggali kenapa hingga mereka bilang mereka tidak punya cita-cita, ternyata kebanyakan dari mereka mereka sudah terlalu tua untuk bercita-cita, sudah terlambat untuk memiliki cita-cita dan sudah tidak mungkin lagi mengejar impian-impian tersebut. Ini Salah!

Bagi saya tidak ada kata terlambat untuk memulai merencanakan masa depan, tidak ada usia terlalu tua untuk bercita-cita dan memiliki mimpi. Bukankah banyak sekali orang sukses diusia senja.

Ketika kita tidak lagi memiliki impian, tidak lagi memiliki mimpi. Hidup yang dijalani hanya akan berjalan datar dan tidak ada motivasi serta tidak akan ada semangat yang menggebu. Ini karena kita tidak punya target atau tujuan atau impian yang ingin diraih.

Usia bukan halangan untuk memiliki impian dan cita-cita selama kita terus berusaha mengejarnya dan mewujudkannya dengan cara yang baik dan benar. Bercita-citalah, bermimpilah, dan buat langkah-langkah nyata untuk meraihnya jangan lupakan berdoa.

Leave a Reply

