Renungan Akhir Tahun

Tak terasa tahun 2014 segera berlalu menjadi kenangan yang indah maupun yang suram. Sejatinya setiap waktu yang kita reguk, setiap nafas yang kita hela adalah titipan dan anugerah dari-Nya, kita wajib mempertanggungjawabkannya suatu saat kelak. Tentu saja, saat nafas kita terhenti untuk selamanya, Jika kita pergunakan dengan baik tentu akan ada syurga yang kita nikmati, sebaliknya jika kita tidak baik ada Naar yang menanti kita sebagai balasannya.


Diakhir tahun, bagi banyak media televisi biasanya akan diadakan acara kaleidoskop atau kilas balik selama tahun 2014, maksudnya tentu sebagai pengingat atau sebagai hiburan semata, kita tidak perlu ambil pusing.

Akhir tahun baik Masehi maupun Hijriah bagi saya secara pribadi rasana akan sangat baik jika kita menggunakannnya untuk merenungkan sejenak perjalanan jauh yang sudah kita lalui ditahun-tahun terdahulu, evaluasi diri dan rencana kedepan atau biasa orang sebut dengan resolusi. Agama pun mengajarkan demikian, kita disarankan bertafakur, bertadabur dan hal positif lainnya.

Maksudnya tiada lain tiada bukan agar diri kita menjadi manusia yang lebih baik, lebih baik, jauh lebih baik, jauh-jauh lebih lebih baik dari masa lalu kita. Baik dari sisi peribadi maupun hal lain. Yang sudah baik agar kita tingkatkan, dan yang jelek agar kita tinggalkan baik dengan perlahan maupun sekaligus.

So, rasanya akhir tahun akan terasa lebih bermakna jika kita isi dengan renungan-renungan kecil, sederhana dan mengena. Tidak perlu berpesat pora, cukup berkumpul dengan keluarga dan berdo’a. Semoga tahun 2015 akan menjadi sebuah harapan, harapan bagi perbaikan hidup, perbaikan kualitas hidup dan perbaikan arah pembangunan bangsa.

Semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s