Dampak Sebuah Kata

“Sebuah lidah lidah panjangnya tiga inci, tetapi dapat membunuh orang tingginya enam kaki.” (pepatah jepang)

Siang ini iseng-iseng ngobrolin hal yang sebenarnya gak seberapa dengan teman yang ada di Bandung. Meski obrolan kami langsungkan via BBM karena terhalang ruang dan waktu. Saya rasa obrolan tetap saja obrolan apapun medianya.

Teman saya mengomentari postingan saya di jejaring social media “path” entang orang sangat tidak berempati orang yang terkena, dengan sumpah serapah berbau SARA. Saya sependapat dengan nya bahwa terkadang nilai manusia itu dapat kita nilai dari perkataannya meski tidak mutlak, namun perkataan yang baik biasanya akan terlontar dari orang baik pula.

Perkataan kita baik atau buruk, punya dampak yang besar bagi yang mendengarnya. Kata –kata yang ceroboh dapat mengakibatkan perselisihan, kata-kata yang jahat dapat menghancurkan hubungan baik, kata-kata yang pahit dapat menimbulkan perasaan benci. Kata-kata yang brutal dapat membunuh, kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan. Kata-kata yang ramah memperlancar jalan kehidupan. Kata-kata sukacita dapat membuat hari-hari kita ceria dan kata-kata yang lemah lembut dapat mengurangi stress.

Perkataan merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Bila gaya komunikasi kita baik, maka hubungan baik akan mudah terjalin. Sebaliknya bila yang keluar dari lisan kita adalah kata-kata yang kasar, negatif, tidak sopan,menyinggung, maka sudah dapat di pastikan orang-orang akan menjauhi kita dan sukses pun akan sulit di raih.

Ada sebuah ungkapan “ Lidahmu berada di tempat yang basah, jangan biarkan ia terpeleset” . Lidah manusia memang dapat membangun dan memotivasi sehingga bisa membuat seseorang menjadi sukses dengan motivasi tersebut, tetapi apabila lidah tidak terkendali maka akan mejerumuskan pada kesukaran.

Mulai hari ini kita belajar selalu menebarkan kata-kata yang positif, menguatkan, membangun, dan menyehatkan orang lain sehingga hubungan kita dengan siapa saja akan jadi menyenangkan dan perkataan kita mampu membuat orang lain berprestasi dan bangkit dari keterpurukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s