Bagaimana Cangkirmu?

Manusia dibilang ada kahidupan karena terdapat Ruhnya. Tempat bersemayam Ruh di Jasad. Jasad butuh penggerak yaitu akal. Dan supaya akal berfungsi, dibutuhkan bahan bakarnya yakni perasaan. Perasaan akan melahirkan perilaku. Ketika Anda berhasil mengemdalikan perasaan, maka perilaku anda positif.

Perasaan itu ibarat cangkir. Ketika bangun tidur, cangkir anda kosong. Isinya tergantung pilihan anda, dipenuhi dengan positif atau negatif. Saat kekamar mandi, ternyata kran air macet. Ada perasaan kesal, berarti cangkir anda mulai terisi. Lalu sarapan pagi, tak ada lauk pauk yang memadai. selanjutnya, menyiapkan alat/ berkas kerja, ada yang hilang. Berarti isi cangkir anda bertambah penuh dengan rasa kesal, dan akan bertambah cangkir anda dengan isi yang negatif. Pada saat inilah sifat mudah tersinggung dan marah gampang tersulut. Perilaku tak terkendali akan muncul dengan ungkapan kata-kata kasar, umpatan dan tindakan negatif lainnya.

Bisakah gangguan, kekurangan dan ketidaknyamanan hal-hal diatas ditanggapi dengan perasaan positif?
Jawabannya, tergantung tiap invidu dalam mengelola perasaan.

Orang yang terbiasa menanggapi sesuatu dengan positif, akan memandang segala masalah dari segi untungnya. Mereka melihat dan menghitung apa manfaat atau untungnya dari suatu kejadian dengan mengesampingkan kekurangannya. Fokus pada yang positif saja!

Contohnya Milyuner Richard Branson,mengubah masalah menjadi peluang. Dalam suatu perjalanan penerbangan, pesawatnya terjadi ganguan teknis dan keberangkatan mengalami penundaan (delay). Banyak penumpang kecewa, menggerutu dan tak berbuat apa-apa hanya diam menunggu perbaikan/penerbangan berikutnya. Namun, Branson memakai prespektif yang berbeda menanggapi masalah ini. Dia mendekati pesawat, mengumpulkan data, berapa biaya kalo di charter. Setelah kalkulasi dengan perhitungan cepat,diketahui ongkos charter pesawat 20.000.000, ada 52 penumpang. maka ambil papan kecil dengan tulisan ” salah satu cara cepat sampai tujuan dengan 390.000″. semua mendaftar dan terbanglah pesawat charterannya. Disamping masalah teratasi,dapat keuntungan juga. Inilah cikal bakal Branson punya perusahaan penerbangan.

Perasaan seperti suhu, selalu berubah ubah. Jangan sampai perasaan negatif mengisi cangkir anda. Kendalikan perasaan itu. Geser kearah positif. Jika perasaan positip anda ditujukan pada seseorang,maka semua file-file kebaikan orang itu yang muncul dan menutup segala kekurangannya. sebaliknya, jika perasaan negatif yang anda tonjolkan, maka file2 kekurangan orang itu menampak pada pikiran anda dengan menghapus semua sifat kebaikan orang itu.

Karenanya isilah cangkir anda dengan yang positif saja agar kesabaran, ketenangan dan kesuksesan jadi perilaku. Jika cangkir anda diisi dengan negatif, maka perilaku anda jadi orang pemarah, kasar, dijauhi teman dan ujungnya anda tidak bisa sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s