Masa Kini dan Masa Depan

Alhamdulillah sudah hari Jum’at lagi, dan itu artinya weekend sudah didepan mata. Pagi ini saya bangun cukup pagi sekali sekitar pukul 03.30 WITA, banyak sekali yang harus saya kerjakan di pagi ini. Pagi adalah waktu terbaik untuk memulai aktivitas. Dimulai dengan wudhu, shalat dan aktivitas fisik lainnya. Badan bugar, segar dan insya allah sehat.

Saya tergelitik dengan siaran diradio saat berangkat kerja pagi ini, bahasannya simple yaitu seputar Hubungan antara masa kini dan masa depan serta masa lalu dengan masa kini. Sangat simple, lalu apa hubungan antara masa lalu, masa kini dan masa depan, bukankah ketiganya memiliki waktu yang berbeda?

Saya masih ingat dimasa lalu saat kecil dikampung halaman saya di Cinunjang Mandalamekar, saya dididik untuk menjadi seorang yang mandiri, bekerja dengan cerdas, bekerja dengan keras, belajar ilmu agama dan keterampilan untuk bertahan hidup dari alam. Gemblengan masa kecil dulu sangat membekas diingatan saya dan sepertinya membentuk karakter serta sifat saya.

Diusia 29 tahun sekarang, Alhamdulillah saya diberikan banyak sekali kenikmatan serta ujian dan cobaan. Diusia ini saya sudah diberi anugerah seorang istri, seorang anak yang pintar dan cantik serta banyak hal lain yang dipercayakan-Nya untuk saya kelola dan saya pertanggungjawabkan kelak di hari akhir. Manis, pahit, ketir, canda tawa, sudah saya icip dengan sempurna.

Dimasa depan saya pun ingin memiliki kehidupan yang lebih baik dari saat ini, bukan hanya dari sisi ekonomi namun juga segi rohani dan hal lainnya. Akan percuma rasanya ketika kita sukses hanya dari satu sisi sedangkan sisi lain terabaikan. Say ingin sukses disemua sisi kehidupan. Karier, keluarga, agama dan berguna bagi bangsa dan Negara. Saat ini saya sedang mempersiapkan banyak hal untuk masa depan saya dan keluarga saya.

Inti dari masa lalu, masa kini dan masa depan adalah semuanya terkoneksi dan memiliki korelasi. Masa lalu adalah yang membentuk kita dimasa kini, kita saat ini adalah hasil dari masa lalu kita. Masa depan pun tergantung masa kini yang kita jalani. Mempersiapkan masa depan adalah sebuah keharusan. Masa depan gemilang tidak bisa kita raih tanpa kita persiapkan dengan baik.

Perhatikan disekeliling kita, berapa banyak orang yang sukses dimasa lalu, namun gagal dimasa kini, jika kita kaji kita akan menemukan bahwa mereka kurang mempersiapkan masa depan dan terlalu terpaku dengan kenikmatan dimasa lalu. Mempersiapkan masa depan bukan berarti merampas masa kini kita, kita harus menikmati masa kini kita untuk meraih masa depan kita.

salam.

Leave a Reply

