Kini, Tidak Ada Lagi Hansip

Dimasa akhir pemerintahannya Susilo Bambang Yudhoyono, menghapus keberadaan organisasi Pertahanan Sipil (Hansip) sejak 1 September 2014. Pencabutan wewenang Hansip dilakukan melalui Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2014.

Kang Dede Samsi - Hansip Desa Mandalamekar
Kang Dede Samsi – Hansip Desa Mandalamekar

Peraturan itu mencabut Keputusan Presiden Nomor 55 Tahun 1972 tentang Penyempurnaan Organisasi Pertahanan Sipil (Hansip) dan Organisasi Perlawanan dan Keamanan Rakyat (Wankamra) Dalam Rangka Penertiban Pelaksanaan Sistem Hankamrata.

Dalam peraturan itu diputuskan bahwa Organisasi Pertahanan Sipil dan Organisasi Perlawanan dan Keamanan Rakyat dalam Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta tidak sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Setuju/ Tidak Setuju?

Konon kabarnya fungsi Hansip saat ini sudah tergantikan oleh keberadaan Satpol PP. Saya mencoba mencari beberapa referensi tentang hal ini, jujur saya penasaran karena sejak kecil saya yang kebetulan lahir dan besar di desa merasa keberadaan Hansip cukup penting di pedesaan. Jika ditanya setuju atau tidak setuju saya jujur menyatakan sedikit tidak setuju kenapa? karena jika hansip ditiadakan terutama dipedesaan akan ada yang hilang dalam unsur menjaga keamanan lingkungan.

Satpol PP yang saya ketahui berkedudukan di Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten / Kota

  • Di Daerah Provinsi, Satuan Polisi Pamong Praja dipimpin oleh Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah
  • Di Daerah Kabupaten/Kota, Satuan Polisi Pamong Praja dipimpin oleh Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati atau Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Dengan demikian, jelas bahwa keberadaan satpol PP tidak dapat menggantikan fungsi Hansip di Desa, karena di Desa belum memiliki perangkat Pol PP, pendeknya Hansip masih sangat diperlukan di Desa. Kecuali jika pemerintah akan membuat atau menempatkan Pol PP di desa-desa. Hal ini tentu akan menjadi polemic baru bagi banyak kalangan.

Saya sih cenderung mempertahankan keberadaan Hansip di desa-desa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s