Jika Pemerintahan Baru Ingin Terobosan

Tidak lama lagi Pemerintahan yang di Pimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono dan Budiono akan segera berkahir, dan digantikan dengan Pemerintahan baru yang di Pimpin oleh Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Beberapa hari yang lalu Presiden terpilih dan Wakil Presiden terpilih sudah mengumumkan rencana cabinet yang akan ada dan membantu presiden selama 5 tahun kedepan, meski belum ada nama namun dapat dipastikan jumlahnya yaitu 18 orang menteri dari kalangan Profesional dan 16 orang menteri dari professional partai.

Menarik memang jika kita mau membahas tentang susuna cabinet yang akan dijalankan oleh pemerintahan baru. Selain penggantian nama dan peleburan juga masalah anggaran yang akan dikeluarkan atas perubahan-perubahan tersebut. Mulai dari penggantian nama institusi, penggantian kop surat, dan lain sebagainya.

Saya tidak akan membahas tentang cabinet atau yang berkaitan dengan kewenangan presiden, biarlah presiden dan tim transisi serta tim ahli yang menggodoknya hingga benar-benar matang.

Beberapa waktu lalu saat lebaran saya sempat berbincang dengan salah seorang staff Anggota DPR RI, menarik karena yang kami bahas adalah tentang desa membangun dan peranan desa dalam pembangunan nasional. Secara garis besar saya dapat sampaikan bahwa desa saat ini akan semakin mandiri dan dapat membangun dengan maksimal terlebih setelah diresmikannya UU Desa No. 006 tahun 2014 tentang Desa.

Saya hanya ingin menyarankan dan memberi usulan, karena dalam kampanye yang lalu Jokowi JK  berjanji untuk memajukan desa dan mensejahterakan desa. Desa tentu saja memerlukan dana untuk pembangunan namun ada hal lain yang juga diperklukan oleh desa selain dana yaitu dukungan secara moril. Dalam hal ini saya ingin sedikit memberi gambaran.

Dekungan moril bagi desa menurut saya salah satunya adalah dengan adanya kantor perwakilan atau kantor kementrian yang berkantor di desa. Misalkan Kementrian Pemberdayaan Desa yang berkantor di Desa. Ini akan menarik dan akan menjadi terobosan yang luar biasa. Dengan adanya kementrian yang berkantor di desa maka secara otomatis akan menstimulus pembangunan di desa tersebut. Ini pandangan saya, dan semoga akan ada yang seperti ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s