Kuliah, 5 Tahun Wajib Lulus

Ada yang menarik ketika saya mengingat masa kuliah dulu di Yogyakarta, ada istilah yang disematkan kepada Mahasiswa senior yang sudah lama menempuh pendidikan namun tidak lulus-lulus. Di kampus saya dulu biasa kami panggil MA (Mahasiswa Abadi). Jika berbincang dengan mereka ada banyak sekali alasan yang mereka sampaikan kenapa mereka bias sampai lama sekali menyelesaikan pendidikan di Kampus. Mulai dari banyak kegiatan di BEM dan HMJ, Banyak tugas, dipersulit dosen dan lain sebagainya.

Well, mulai tahun ini sepertinya label Mahasiswa Abadi akan mulai musnah dikampus-kampus. Kenapa? karena saat ini sudah terbit Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 49 Tahun 2014. Dimana  dalam peraturan tersebut Dalam pasal 17 peraturan itu disebutkan bahwa masa studi terpakai bagi mahasiswa untuk program sarjana (S1) dan diploma 4 (D4) maksimal 5 tahun.

Saya secara pribadi sangat setuju dengan Permendikbud tersebut kenapa? karena dengan penetapan batas waktu maksimal tersebut akan membuat mahasiswa termotivasi segera menyelesaikan study nya atau jika tidak mereka ada di DO (Drop Out).

Disamping itu, ketika mahasiswa kelamaan menjadi mahasiswa akan mempersempit ruang gerak mereka ketika akan melamar pekerjaan karena kebanyakan perusahaan membuat kriteria umur dan pengalaman kerja. Ini tentu akan sedikit menyulitkan mahasiswa itu sendiri.

Dulu ada teman yang bilang bahwa menjadi mahasisw yang terlalu cepat lulus itu berarti mahasiswa tersebut tidak aktif di organisasi dan bukan seorang aktifis. Saya sangat tidak setuju, saya dulu salah satu ketua di Himpunan Mahasiswa Jurusan di Kampus, Alhamdulillah bisa lulus dalam waktu 4 tahun. Menjadi aktifis dan aktif di organisasi bukan alas an untuk kita malas dan tidak lulus-lulus. Justru harus menjadi motivasi untuk cepat lulus dan meniti karier.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s