Keseimbangan dalam Botol Kaca

Seorang profesor filsafat memasuki ruang perkuliahan dengan membawa sebuah toples. Di awal perkuliahan, ia mulai mengisi toples itu dengan batu-batu yang cukup besar. Lantas profesor itu bertanya kepada mahasiswanya: “Apakah toples ini sudah penuh?”. Para mahasiswa menjawab sudah.

Kemudian sang profesor mengambil kerikil-kerikil kecil dan mengisi ruang-ruang kosong di dalam toples dengan kerikil itu. Ia bertanya lagi: “Apakah toples ini sudah penuh?. Para mahasiswa kembali menjawab sudah. 

Kali ini sang profesor menuangkan se-ember pasir ke dalam toples, mengguncang-guncangnya hingga ruang kosong yang masih tersisa sudah terisi penuh.

 “Sekarang,” kata profesor, “Saya ingin Anda melihat bahwa toples ini seperti hidup Anda. Batu adalah hal yang paling penting, nilai-nilai utama Anda seperti: keluarga, kesehatan, moralitas. 

Sementara kerikil adalah hal-hal penting lainnya, seperti: pekerjaan, rumah, mobil. Sedangkan pasir merupakan hal-hal kecil yang mengisi hidup anda. 

Ketika Anda menempatkan pasir terlebih dahulu ke dalam toples, tidak akan ada lagi ruang tersisa untuk kerikil dan batu-batu besar. Oleh karena itu, berikanlah sebagian besar perhatian Anda pada hal-hal yang paling penting dalam hidup. Habiskan cukup waktu bersama keluarga, jaga kesehatan Anda dan jangan lupa untuk mengembangkan rohani. Bersikap baik, jujur, peka, dan saling membantu sesama. Ini adalah hal yang benar-benar penting.

Bayangkan saat ini saya memberikan anda 5 bola. Masing-masing mewakili bagian penting dari kehidupan anda: keluarga, kesehatan, semangat, teman-teman dan pekerjaan. Ada empat bola yang terbuat dari kaca dan hanya satu yang terbuat dari karet. Anda perlu menyadari bahwa pekerjaan adalah bola karet itu. Sementara keluarga, teman, kesehatan dan semangat adalah bola kaca yang ketika anda jatuhkan salah satu dari mereka, ia akan rusak selamanya.

Ini adalah tentang bagaimana berusaha menjaga keseimbangan dalam hidup Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s