Efek Toilet

Sore kemarin kebetulan saya ikut mengantri BBM di Kota Balikpapan, Alhamdulillah antriannya tidak terlalu panjang dan hanya perlu waktu 15 menit. Sebelum keluar dari POM bensin saya kebetulan ingin buang air kecil, daripada ditahan dan jadi penyakit saya memutuskan untuk memarkirkan kendaraan dan pergi ke toilet umum di POM bensin tersebut. Apa yang pertama saya rasakan ketika masuk toilet tersebut? Bau Pesing.

Ya, bau pesing yang sangat menyengat. Hmmm…sungguh tidak terawat. Oke, kita mulai pembahasan sederhananya dari bau toilet tersebut. Ketika kita masuk toilet, bau yang kita cium sangat menyengat namun coba kita sedikit berlama-lama didalamnya? Apa yang kita cium? Aroma bau yang tadi menyengat lambat laun akan hilang dan seolah-olah tidak ada bau lagi. Kenapa hal ini terjadi? Ini karena hidung kita sudah menyesuaikan diri (beradaptasi) terhadap bau disekitar.

Kita aplikasikan dalam hidup kita. Sering kali kita ketika menghadapi sesuatu misal kita dipaksa untuk bangun pagi-pagi jam 3 subuh misal, hari pertama akan terasa sangat-sangat berat, hari kedua pun terasa berat, hari ketiga sudah mulai agak ringan, hari keempat sudah mulai sedikit ringan, hari kelima sudah berkurang beratnya, hari keenam kita akan mulai terbiasa dan hari ketujuh dan seterusnya kita akan menjadi biasa.

Begitu juga ketika kita akan memulai apapun ketika kita memulai semua akan terasa berat, namun lama kelamaan kita akan menjadi biasa dan terbiasa. inilah yang saya sebut dengan efek toilet. Manusia itu akan bisa ketika ia terbiasa melakukannya, akan mahir jika terus terusan melakukannya. So, jangan pernah takut memulai sesuatu yang baru dan positif, lakukan, lakukan, lakukan lagi, lakukan lagi dan lakukan lagi niscaya kta pun akan terbiasa.

Salam sukses!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s