Semangat Terbarukan

Saat terjadi gejolak harga BBM dan kelangkaan BBM yang sering kali dibahas adalah tentang energi terbarukan. Energi terbarukan  merupakan energi yang berasal dari “proses alam yang berkelanjutan”, seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi, dan panas bumi. Intinya energi terbarukan merupakan energi yang tidak akan pernah habis dan alami.

Nah, bagi manusia ada satu energi yang diperlukan dalam dirinya untuk terus meningkatkan kemampuan dan meningkatkan kinerjanya sehingga menjadi manusia yang produktif dan terus berpikir positif. Energi ini saya sebut Semangat terbarukan. Kenapa semangat? ya, karena manusia tanpa semangat dia tidak akan menjadi ‘manusia’. Ia hanya akan menjadi beban bagi manusia yang lain, tanpa semangat dia akan menjadi pemalas, tidak produktif dan bahkan ada manusia yang memutuskan untuk mengakhiri hidup. Itu semua karena manusia tidak memiliki semangat.

Dengan semangat manusia akan terus berusaha menjadi manusia yang lebih baik, akan berusaha terus memperbaiki diri dan menjadi manusia yang produktif dan memiliki etos yang positif.

Lalu apa itu semangat yang terbarukan? Semangat terbarukan merupakan semangat yang selalu baru dan terus terjaga konsistensinya.

Bagaimana cara menjaga semangat terbarukan? pertama tetap berpikir positif jangan berpikir yang tidak-tidak dan jangan terlalu banyak berprasangka buruk terhadap orang lain apalagi Tuhan. Yang Kedua, miliki sesuatu yang akan menggenjot semangat kita. Misalkan target untuk memiliki rumah ditahun depan, dengan demikian semangat kerja kita akan meluap-luap dan terjaga setiap kali mengingat target kita.

Ketiga, Jangan lupa berdoa, shalat dan bersedekah. Ya, ketiga komponen ini sangat sangat mendukung semangat terbarukan kita. Pikiran kita akan menjadi tenang, rileks dan tidak stress. kenapa karena kita dekat dengan-Nya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s