Jodoh Yang Jauh

Dulu saya pernah mendengar nasihat: Carilah jodoh yang jauh. Apa maksudnya? Carilah jodoh yang secara genetik jauh alias bukan saudara dekat. Sebab, menikah dengan saudara dekat itu bisa menimbulkan berbagai macam penyakit bagi keturunannya. Dan saya semakin yakin dengan nasihat ini setelah saya melihat berbagai fakta ini di kehidupan nyata.

Jodoh yang jauh juga bermakna jauh tempat tinggalnya. Alasan sederhananya, apabila Anda punya jodoh yang jauh maka saat lebaran atau liburan Anda “dipaksa” mencari uang yang lebih banyak agar bisa pulang ke dua kampung yang berbeda. Apalagi bila jarak yang jauh itu hanya bisa ditempuh dengan pesawat terbang. Masuk akal juga.

Memiliki Jodoh yang jauh, itu ngeri-ngeri nikmat kalau kata Om Sutan Bathugana😀, banyak yang dikorbankan dan banyak kesenangannya intinya ada suka ada dukanya. Dukanya ketika akan merencanakan pulang kampung namun uang belum terkumpul, sukanya ketika waktu mudik tiba dan berkumpul dengan keluarga dari kedua belah pihak. Itu Nikmatnya tidak tertandingi.

Disamping hal diatas memiliki jodoh yang jauh juga merupakan salah satu bentuk pertukaran budaya, pertukaran adat istiadat dan pertukaran kebiasaan dari dua daerah yang berbeda, dari dua keluraga yang berbeda.

Semoga semua orang bisa menemukan jodohnya yang berkah dan diridhoi. Amiiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s