Trauma Masa Lalu

Pagi ini Kota Paling Layak Huni di Indonesia diguyur hujan sangat lebat mulai dari Jam 03.45 WITA. Alhamdulillah, bumi kembali basah, drum penampungan air pun kembali penuh, tanaman kembali tersirami air hujan. Betapa nikmatnya menikmati udara dingin di daerah yang biasa berhawa panas seperti Balikpapan.

Trauma, beberapa orang atau banyak orang yang tidak bisa lepas dari yang namanya trauma sehingga mereka tidak bergerak ke kehidupan yang lebih baik mereka terperangkap dan terkungkung dalam ketakutan masa lalu. Saya punya cerita menarik tentang trauma ini.

“Alkisah ada sebuah aquarium yang diisi oleh ikan koi yang sangat lucu, dan sehat. karena dirasa kurang sang pemilik pun menambah koleksi ikan dengan ikan yang ‘ganas’ yaitu ikan piranha, ikan yang terkenal ganas dan pemakan daging. Karena akan menambahkan ikan piranha makan sang pemilik memberikan sekat berupa kaca bening pada akuarium tersebut. Ketika ikan piranha dimasukan ke dalam aquarium ia pun melihat ikan koi dan bermaksud memakannya. Dia pun ambil ancang-ancang dan menyerangnya, karena ada kaca pembatas ia pun terpental. Besoknya ia coba lagi, lagi dan lagi. Setelah sebulan mencoba dan gagal terus maka Sang piranha pun menyerah dan tidak lagi mencoba menyerang sang ikan koi.

Beberapa hari kemudian karena tidak sengaja sang pemilik memecahkan kaca pembatas, dan tidak pada akhirnya tidak ada lagi pembatas antara piranha dan ikan koi. Anehnya sang piranha tidak lagi ‘buas’ dan tidak lagi menyerang si ikan koi. Apalagi bernafsu memakannya.”

Dari kisah sederhana diatas kita bisa simpulkan bahwa si ikan piranha tersebut terkena trauma. dia terjebak dimasa lalu, Andai dia tidak putus asa dan terus mencoba maka dia tentu akan mendapatkan ikan koi incarannya.

Begitu pun dalam hidup kita, kita sering kali terjebak oleh kegagalan, kesakitan, dan cemoohan di masa lalu, hingga kita susah untuk bangkit, susah untuk memulai kembali dan tidak bisa move-on. Kita hanya memikirkan dulu, memikirkan yang sudah-sudah. Akhirnya masa depannya terlupakan.

Tengok berapa banyak orang disekitar kita yang gagal bangkit setelah terpuruk, perhatikan berapa banyak orang yang akhirnya ‘menyerah’ karena tidak bisa move on dari kegagalannya di masa lalu. Sekat atau kegagalan, atau kesakitan di masa lalu adalah mutiara yang tersembunyi dan dikemas dalam kemasan yang tidak menarik seperti durian.

Durian, buah yang berduri, durinya tajam dan bisa melukai siapapun yang berusaha mendapatkannya (membukanya) dengan cara yang salah. Namun ketika kita berusaha membukanya dengan cara yang baik, menggunakan pisau/ golok, dicari celahnya maka kita akan menemukan ‘mutiara’nya. Buah durian yang lezat, manis dan harum.

Demikianlah hidup, kadang dikemas dengan sangat menarik, kadang dikemas-Nya dengan kemasan yang tidak menarik. Hidup adalah keberhasilan, jangan biarkan kegagalan menyelimuti dan menguasai diri kita. Hidup harus sukses!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s