Resignlah dengan Baik

Bekerja dibagian yang mengurus manusia memang unik dan menarik. Dalam setiap siklus perusahaan akan ada yang namanya orang yang masuk sebagai karyawan baru dan pasti ada juga orang yang keluar atau istilahnya Resign. Nah, banyak sekali orang yang ketika masuk dengan baik namun ketika akan mengajukan resign banyak dari mereka yang terbawa emosi, terbawa suasana,dan terburu-buru tanpa pertimbangan.
Dalam banyak kasus yang pernah saya tangani orang yang resign dengan grasak grusuk akan bermasalah dikemudian hari, kenapa? ya karena mereka resignnya dengan membawa masalah. Mereka yang resign tidak dengan baik-baik, biasanya akan menebar banyak fitnah dan mengajak orang-orang yang ‘bermasalah’ lainnya untuk berkongsi.
Percaya deh, satu atau dua bulan setelah mereka resign mereka akan menuntut beberapa hal, seperti surat keterangan kerja (paklaring), uang pisah dll. Saya hanya ingin memberi sedikit saran kepada siapapun yang berencana resign. Sebelum mengajukan resign konsultasikan dulu dengan HRD, dengan atasan anda. Sehingga nantinya tidak akan ada masalah. Jangan buru-buru resign kalo hanya karena atasan anda galak, ada masalah dengan teman kerja atau karena kerjaannya tidak menarik.
Kalau pun kita memutuskan untuk resign setelah dipikirkan dengan matang-matang maka resign lah degan baik. Ajukan satu bulan sebelum tanggal efektif, tetaplah bekerja dengan baik selama masa anda menunggu untuk keluar, tetap jaga sopan santun, tetap jaga disiplin dan tetap jaga hubungan baik dengan semua orang.
Sehingga jika kelak kita ada keperluan, maka dengan senang hati orang-orang ditempat kerja yang kita tinggalkan akan meyambut dan membantu kita. Atau ketika perusahaan baru tempat kita bekerja melakukan cross check referensi akan diberi jawaban yang baik dan positif sehingga tidak merugikan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s