Kenikmatan itu Bernama Mudik

Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah, lebaran tahun ini saya masih diberi kesempatan untuk mudik dan berkumpul bersama dengan keluarga besar. Dan Alhamdulillah, saya bisa kembali ke tempat mencari rejeki menunaikan salah satu kewajiban untuk berusaha dan bekerja dengan selamat dan tanpa kekurangan kecuali isi dompet yang kembali bersih😀.

Mudik tahun ini bagi saya sangat luar biasa, selain bisa berkumpul dengan keluarga besar juga karena banyaknya pelajaran yang bisa dipetik selama mudik tahun ini.

Pelajaran Pertama, Makin banyak orang yang bisa meningkatkan taraf ekonominya, terbukti dari makin banyaknya volume kendaraan dijalanan selama mudik tahun ini dan kemacetan yang disebabkannya. Bayangkan berapa ratus ribu atau juta kendaraan yang tumpah ruah dijalanan untuk mudik.

Ini bagi saya secara pribadi adalah sebagai salah satu bukti bahwa makin banyak orang yang sejahtera karena bisa membeli atau menyewa kendaraan untuk mudik.

Pelajaran Kedua, Hal terindahsecara duniawi ketika Lebaran adalah mudik. Ya, mudik adalah sebuah kenikmatan. Jutaan orang sengaja melakukan perjalanan mudik dengan berbagai risiko, terjebak macet salah satunya. Bayangkan kendaraan bisa diam tanpa bergerak selama lebih dari 1 jam akibat macet. Tapi tetap saja setiap tahunnya orang-orang tetap berbondong-bondong melakukan mudik lebaran. Kalau bukan kenikmatan, mengapa mereka melakukannya?

Pelajaran Ketiga, Yang terpenting itu Puasa bukan Mudik. Selama perjalanan mudik saya memperhatikan. Banyak sekali orang yang makan minum diakhir bulan puasa. Ketika ditanya, mereka bilang “kita kan musafir dalam perjalanan, jadi diperbolehkan untuk tidak berpuasa”. Ini yang menurut saya harus diluruskan, Puasa itu yang utama dan mudk itu hanya ritual saja sebagai pelengkap kenikmatan berpuasa.

Sementara itu saja dulu, yang bisa saya bagi. Next time lah saya nulis lagi. Udah dipanggil sama bos nihhh…salam.

Oh, ya. Kepada seluruh pembaca saya ucapkan “Mohon maaf lahir bathin jika saya banyak berbuat salah”. Selamat Idul Fitri.

Leave a Reply

