Selamat Hari Anak

Hari ini, 23 Juli 2014 merupakan hari Anak Nasional sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 44 tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Hari anak berbeda-beda tanggal diperingati, Hari Anak Internasional diperingati tanggal 01 Juni sedangkan Hari Anak Universal diperingati tanggal 20 November setiap tahunnya.

Dihari ini saya hanya ingin mengucapkan selamat Hari Anak Nasional, semoga semakinbanyak orang yang aware terhadap hak-hak anak dan tidak ada lag diskriminasi dan kekerasan terhadap anak. Baik kekerasan verbal, fisik, psikis maupun kekerasan seksual. Sehingga anak akan tumbuh menjadi anak yang berpikiran positif tidak ada paranoid dalam dirinya dan menjadi pribadi yang tangguh.

Bagi orang tua seperti saya ini adalah saatnya melakukan evaluasi terhadap sikap, dan tindakan serta pendidikan yang kita berikan kepada anak kita, apakah sudah baik atau masih perlu diperbaiki. Apakah masih ada kata-kata kasar, celaan dan hardikan? Jika iya, hayu kita perbaiki dengan pola pengasuhan dengan cinta dan kasih sayang.

Bukan memanjakan namun mendidik dengan kelembutan, melarang dengan memberikan pengertian yang dapat dimengerti anak. Memberi contoh yang baik, kata-kata yang baik tingkah laku dan perilaku yang baik.

Ajarkan tentang menghargai, menghormati dan tidak angkuh, ajarkan untuk berbagi dan ibadah serta do’a.

Percaya atau tidak, anak saya baru berumur 15 bulan, saat ini sudah bias berdo’a dengan kata-kata yang saya ajarkan. meski belum jelas namun saya memahami maksud kata-katanya. Saya ajarkan anak saya berdoa sejak ana saya berusia 3 bulan. Luar biasa.

Begitu pun dengan gerakan ibadah wajib shalat, anak saya sudah bisa menirukannya,meski sejatinya belum bias jalan. Luar biasa bukan, anak adalah apa yang kita lakukan dan apa yang kita ajarkan.

So, mulailah ajarkan kebaikan kepada anak. dan nikmati hasilnya, betapa senangnya ketika kita ngasih sesuatu kepada anak kita dan dia bilang terima kasih. Bukan kah itu kebaikan?

Selamat hari anak nasional.

 

 

Leave a Reply

