Orang Puasa Disarankan Untuk Tidak Sehat

Salah satu momen yang paling ditunggu saat bulan puasa adalah saat-saat berbuka puasa, tentu saja selain momen sahur, tarawih dan lebaran. Saat dahaga tidak tertahankan, segelas air putih saat berbuka sangatlah melegakan, saat lapar memuncak 3 butir kurma sudah cukup membuat perut kita tidak keroncongan.

Saat berbuka puasa, Nabi menyarankan dan meyunatkan kita untuk berbuka dengan yang manis. Maksud dan tujuannya, untuk mempercepat pemulihan tenaga dan energy yang terkuras selama menjalankan puasa.

Namun, saya sedikit merasa sedih saat-saat ini iklan yang ada ditelevisi kebanyakan menyarankan orang yang berpuasa untuk tidak sehat, mereka mengiklankan makanan berbuka puasa seperti mi instan, sosis siap makan, dan banyak makanan yang terbilang junk food lainnya.

Memang, berbuka puasa dengan apa saja adalah hak siapa saja dan menawarkan menu berbuka puasa adalah hak setiap orang, namun bagi saya sebagai orang tua yang baru memiliki anak, kebanyakan iklan yang ada itu sedikit ‘meracuni’pikiran anak kita. Dan tugas kita sebagai orang tua untuk membentengi dan mengarahkan anak-anak kita, bahwa buka puasa yang baik adalah buka puasa dengan makanan yang bergizi dan yang di sunahkan oleh Nabi.

Sedikit saran bagi penayang iklan dan pemiliki brand yang berjualan, mohon untuk berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberi edukasi makanan yang baik bagi pemirsa dan konsumennya.

Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s