Benarkah Politik Kotor?

Teman saya seorang pebisnis handal, jago lobby, jago negosiasi, jago jualan. Pokoknya jago deh, punya pendidikan cukup tinggi dan memiliki banyak kenalan atau kolega dari berbagai kalangan mulai dari banker, pebisnis, pemuka agama, politisi hingga bocah bau cikur seperti saya.

Dalam perbincangan ringan, saya sering melempar pertanyaan pada beliau apakah pernah terpikir untuk menjadi seorang politisi seperti banyak pengusaha lainnya. Setiap kali ditanya jawabannya hanya senyum, dan nanti saja.

Beberapa hari yang lalu ketika debat capres selesai, dan mulai banyak komentar saling menjatuhkan, beliau menjawab pertanyaan saya selama ini. Beliau jawab, “Den, saya malas ikut politik ya karena ini, saling serang, saling menjatuhkan, kawan jadi lawan dan lawan menjadi kawan, politik itu kotor” pungkasnya.

Hmmm…saya jadi berpikir benarkah poltik itu kotor? berhari-hari saya merenungkannya, saya pun mengambil kesimpulan bahwa politik itu tidaklah kotor. Semua bidang tidak ada yang kotor, hanya saja yang membuatnya kotor adalah orang-orang yang menjalaninya. Memang bisnis tidak kotor? Bisnis bias jadi kotor jika yang menjalaninya kotor.

Kotor dan tidaknya suatu pekerjaan atau bidang menurut saya adalah tergantung dari cara kita menjalaninya, tergantung dari sikap kita dan disitulah ada yang disebut dengan integritas. Jika kita memiliki integritas profesi apapun yang kita jalani akan menjadi bersih dan terukur.

Bukankah pekerjaan suci seperti ustadz, pendeta, biksu dan pandita juga bias menjadi kotor ketika yang menjalankannya adalah orang yang tidak berintegritas. Berapa banyak pemuka agama yang mendapat stigma negative, baik penipuan, pelecehan, terlalu glamor dan sebagainya.

Jadi intinya apapun pekerjaan, profesi, dan jalan yang kita pilih untuk mencari kehidupan dan mempertahankan hidup ketika kita memiliki integritas untuk menjalaninya, maka percayalah bahwa semuanya akan menjadi ibadah.

Salam.

Leave a Reply

