Desa Jangan Dinomor Duakan

Siang ini, saya jujur sedang sangat rindu dengan suasana kampong halaman saya. Desa Mandalamekar terutama Kampung Cinunjang. Sangat merindukannya. Sudah hampir 6 bulan lebih tidak mudik. Saya rindu orang tua, suasana kampung, keramahan warganya dan tentu saja udara pagi yang segar dan sejuk.

Dalam kerinduan saya sama kampung, menjelang Pilpres 2014 ini saya belum mendapatkan 1 pun komitmen dari calon presiden tentang pembangunan desa, yang baru saya dengar adalah keinginan Prabowo untuk mengalirkan dana 1 Milyar/ Desa/ Tahun. Saya merasa ide ini cukup bagus, namun saya kembali bertanya dari mana dananya? Dari APBN? bias saja. Lalu siapkah orang-orang di Desa menerima uang sebesar itu?

Bagaimana jika uang tersebut tidak bias dikelola dengan baik? dan Akhirnya tidak tahu kemana uang mengalir, sia-sia bukan? Dan dapat dipastikan bahwa uang dari APBN tersebut akan bocor.

Dari kubu Jokowi saya belum bisa mendengar program apa yang beliau unggulkan untuk pembangunan Desa.

Harapan saya, karena jujur masa kecil saya dihabiskan di Desa, sehingga saya sangat berharap pemerintah dapat memperhatikan desa dengan serius. Karena jika desa sudah disejahterakan maka dapat dipastikan pemerataan pembangunan dapat terlaksana.

Migrasi dari desa ke Kota dapat diminimalisir, Jika harus jujur saya juga sangat ingin hidup dan tinggal di desa, karena di desa sangat tenang, sejuk dan tentram. Namun apa daya, kebutuhan untuk meningkatkan taraf hidup dan kebutuhan untuk memperbaiki penghasilan mengharuskan saya merantau pergi jauh dari orang tua, keluarga dan teman-teman masa kecil serta saudara.

Saya yakin jika Pemerintah bisa membuat desa menjadi lebih sejahtera dengan banyaknya lowongan kerja baik dari industry kreatif mau pun lainnya, maka akan banyak orang kota yang kembali ke desa. Dan tentunya mereka akan kembali membangun desa, sesuai dengan kemampuan dan kapasitas mereka.

Pesan saya untuk Capres dan Cawapres siapa pun kelak yang terpilih, jangan lupakan desa, jangan nomor duakan desa, Jika ingin Indonesia sejahtera dan ingin Indonesia yang lebih maju maka Bangun Desa.

Leave a Reply

