Menentukan Arah

Hidup tanpa arah tanpa tujuan tidak akan pernah menemukan kebahagiaan dan tidak akan tertata dengan baik, bahkan pasti akan amburadul. Banyak sekali orang yang tidak memiliki arah hidup, tidak memiliki tujuan hingga hidupnya terombang-ambing tidak teratur dan amburadul. Orang yang tidak memiliki tujuan hidup adalah orang yang gagal sebelum berjuang.

So, jika kita ingin hidup kita bahagia, teratur, dan penuh dengan senyuman hal pertama yang perlu lakukan adalah menentukan arah, membuat tujuan hidup.

Setelah memiliki arah/ tujuan hidup hal selanjutnya yang harus dilakukan action atau melakukan tindakan nyata. Tujuan tanpa usaha tidak akan menghasilkan apa-apa selain angan dan khayalan. Ibarat kita ingin sampai Jakarta tapi tidak jua beranjak dari tempat duduk dan tidak bergerak maka kita tidak akan pernah sampai ke Jakarta.

Selanjutnya setelah action/ tindakan/ kerja adalah review, melakukan review, flashback dan analisa kembali atas pencapaian yang telah kita capai adalah sebuah keharusan supaya kita bisa mengidentifikasi langkah mana yang salah dan harus diperbiki/ bahkan ditinggalkan dan langkah mana yang perlu ditingkatkan dengan modifikasi atau membuat cara/ langkah baru.

Setalah review hal selanjutnya adalah bersyukur, ya ini sangatlah penting. Setelah melihat semua pencapaian baik yang sudah maksimal maupun yang belum, maka bersyukur adalah cara terbaik untuk meningkatkan kinerja dan hasil.

Ingat Allah SWT menyampaikan bahwa : Jika kita bersyukur maka niscaya nikmat itu akan ditambahnya, begitu juga sebaliknya jika kita tidak mau bersyukur maka pembalasan atas hal tersebut juga ada.

So, mari tentukan arah dan bekerja serta bersyukur. Insya Allah Bahagia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s