Bahasa Universal

Alhamdulillah saat ini saya sedang menikmati pekerjaan saya sebagai seorang yang bertanggung jawab dalam merekrut, meng-coaching, memberi arahan dan masukan tentang peraturan perusahaan kepada setiap karyawan dari semua level di Area dan di Kantor Cabang. Subhanallah, pekerjaan yang berat karena harus bisa memberi contoh dan membuat bahasa yang berbeda untuk setiap level dan jabatan orang.

Perusahaan tempat saya bekerja saat ini sedang melakukan perubahan besar-besaran dalam struktur organisasi, sehingga terjadi segementasi-segmentasi sesuai dengan divisi dan bagian masing-masing, misalkan Operasional ya focus dengan divisi Operasionalnya, Kredit ya focus dengan dunia kreditnya. Harapannya dengan segmentasi tersebut orang-orang yang terjun ke bagian/ divisi tertentu akan mendalami dunia sehingga menjadi seorang yang ahli, jago, expert dibidangnya.

Nah, dengan adanya pemisahan tersebut otomatis aka nada perubahan perilaku people atau manusia yang menjalankan organisasi, disadari atau tidak itu akan terjadi. Orang-orang akan cenderung mementingkan bagian/ divisinya serta pencapaian targetnya.

Sebagai seorang yang diharuskan untuk bisa masuk ke semua segmen saya dituntut untuk bisa beradaptasi dengan keadaan ini. Bagaimana cara saya supaya bisa masuk ke dunia yang berbeda-beda, harus pake bahasa apa?

Bahasa yang dimaksud selain bahasa secara verbal adalagi berupa bahasa yang berarti semangat, ya semangat. Dengan semangat yang sama, maka kita akan bisa masuk ke semua segmen kehidupan, baik diperusahaan  maupun dalam kehidupan social bermasyarakat. Ada empat (4) semangat yang akan mampu membuat anda atau kita bisa diterima dimana saja, pada level apa saja, kapanpun dan dimanapun.

  1. Semangat (bahasa) ketulusan.
  2. Semangat (bahasa) rendah hati dan membumi,
  3. Semangat (bahasa) memberi manfaat untuk orang lain dan orang banyak
  4. Semangat (bahasa) untuk memberi bukan meminta dan menuntut.

Silahkan renungkan, saya yakini jika kita memiliki keempat semangat (bahasa) tersebut maka kita akan menjadi manusia yang luar biasa, diterima semua kalangan, dirindukan dan dinanti oleh orang mengenal anda. Semangat ini haru ditularkan apabila telah memilikinya, dengan demikian akan semakin banyak orang yang berbuat baik dalam hidupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s