Pekan Kondom Nasional Ide Gila

Tanggal 01 Desember, hampir semua tahu bahwa pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari HIV AIDS dunia, sebagai hari kepedulian bagi pada ODHA diseluruh dunia. Di Indonesia, berbagai aksi teatrikal, aksi simpati digelar untuk memperingati hari HIV AIDS sedunia tersebut.

Ada hal yang membuat saya sedikit merasa perlu protes terhadap pemerintah atas peringatan hari HIV AIDS sedunia tersebut. Terutama atas program yang digagas oleh Menkes Nafsiah Mboi yaitu Pekan Kondom Nasional dari tanggal 01-07 Desember setiap tahunnya. Saya rasa ini adalah program gila, gelo dan tidak memikirkan efek jangka panjang.

Dengan dalih menekan angka pengidap HIV AIDS (ODHA) Menkes membuat program tersebut, saya sangat tidak sepakat. Rasanya tidak ada korelasi atau hubungannya antara bagi-bagi kondom dengan berkurangnya angka pertumbuhan ODHA.

Pembagian kondom menurut saya, membiasakan orang-orang untuk melakukan seks bebas tanpa beban asal pakai kondom. Penjelasannya sederhana, kita menjadi bisa karena terbiasa dan akan terbiasa kalau kita membiasakan. Misalnya begini, saya mencoba membiasakan untuk bangun jam 3 setiap paginya, membiasakannya selama 2 bulan, pada bulan ke-3 sudah menjadi terbiasa dan akhirnya menjadi bisa.

Untuk bangun jam 3 subuh saya tidak perlu alarm atau minum air banyak-banyak biar kebelet pipis dan bangun. Setiap jam 3 saya akan terbangun dengan sendirinya, tanpa paksaan, tanpa alarm dan tanpa merasa tersiksa. Kenapa? Ya karena saya sudah membiasakannya, hingga terbiasa dan menjadi bisa.

Begitu pun dalam konteks bagi-bagi kondom ini, silahkan diurai sendiri. Anak remaja yang sedang mencari jati diri, bereksplorasi, diberi kondom seakan mereka disuruh untuk melakukan seks bebas, dan membiasakannya dengan menggunakan kondom, hingga terbiasa dan ujung-ujungnya menjadi orang yang bisa kapan saja dengan siapa saja melakukan seks bebas asal pakai kondom.

Saya pikir efek negatifnya terlalu besar jika dibandingkan dengan efek positifnya. Maka saya secara pribadi menolak Pekan Kondom Nasional tersebut apapun alasannya.

2 thoughts on “Pekan Kondom Nasional Ide Gila

Leave a Reply

