Banyak orang bilang hidup sederhana itu baik, dan menenangkan. Benarkah? Saya secara pribadi hidup sederhana itu kurang pas. Kenapa? Karena hidup kita teramat berharga untuk dilewatkan secara sederhana. Hidup kita ini adalah sebuah kemegahan, terlebih anugerah-anugerah yang Allah SWT titipkan kepada kita. Semua teramat mewah.

Coba perhatikan disekitar kita, berapa banyak orang yang tidak seberuntung kita? Sangat amat teramat banyak.

Dalam menjalani hidup kita tidak boleh lemah, tapi harus kuat, harus hebat, harus luas kebaikannya, harus luas ilmunya, harus luas amalnya, harus luas pergaulannya. Harus besar kemauan dan berusaha sekuat tenaga untuk menggapai dan mencapainya.

Dalam kehidupan sehari-hari kita harus menjadi manusia yang membawa manfaat  bagi lingkungan kita. Buka member mudharat dan dibenci, tapi jadi manusia yang selalu dirindukan dan senantiasa dinanti keberadaanya.

Namun demikian jadilah manusia yang sederhana dalam satu hal, jadilah orang yang sederhana dalam bersikap. Tidak sombong, tidak songong, dan tidak sok. Hidup tidak boleh sederhana bukan berarti kita harus pamer, kita harus berfoya-foya, atau hura-hura, tidak sama sekali.

Hidup tidak boleh sederhana. Namun Hidup itu harus hebat, kuat, luas, besar dan bermanfaat. Namun tetap sederhana dalam bersikap!.

Advertisements