Mencari Uang

Untuk apa kita bekerja banting tulang, memeras keringat, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala? Semuanya hanya untuk satu tujuan yaitu mencari uang. Setuju atau tidak tapi pekerjaan apapun yang kita jalani saat ini adalah untuk mencari uang, mendapatkan uang. Entah setelah itu mau dijadikan apa, atau dibelanjakan kemana, yang penting uang sudah didapat.

Konon katanya hidup ini tidak akan pernah bisa berjalan tanpa adanya uang, bayangkan mau makan harus ada uang untuk membeli makanannya atau bahan makananya. Mau minum harus ada uang untuk membeli airnya. Bahkan mau buang hajatpun harus bayar.

Lalu benarkan semua memerlukan uang? Tentu saja tidak, meski memang sebagian perputaran hidup kita tidak akan pernah bisa lepas darinya. Bahkan ibadah sekalipun memerlukan uang. Namun demikian, yakinlah bahwa tidak semuanya yang didunia ini memerlukan uang. Contohnya perasaan bahagia.

Perasaan bahagia terkadang memang ada hubungannya dengan uang namun sejujurnya bahwa kebahagiaan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan bahagia. Coba lihat berapa banyak orang yang berlimpah uang dan harta kekayaan namun tidak bahagia dan tidak bisa menikmati kekayaannya tersebut.

Dan coba lihat berapa banyak orang yang berada dalam kekurangan materi masih bisa tertawa bahagia, menikmati kebersamaan dengan keluarga meski dengan keadaan yang pas-pasan.

Sejatinya kebahagiaan adalah berasal dan bersumber dari hati yang selalu bersyukur dan dari pikiran selalu berpikir positif. Tanpa kedua  itu percayalah bahwa sebanyak apapun materi yang kita miliki tidak akan pernah mendatangkan kebahagiaan dan ketentraman.

Satu lagi yang membuat kita bahagia dan tentram yaitu berbagi. Ya dengan berbagi kita akan semakin bisa bersyukur dan menghayati arti sebuah perjuangan. Ingat bahwa dalam setiap rupiah harta yang kita miliki dari hasil kerja kita adalah hak mereka yang membutuhkan.

So, jangan pernah lupa untuk berbagi, bersyukur dan berpikir psotif. Demi kebahagiaan, demi kedamaian, demi ketentraman, demi akhirat kita kelak. Harta tidak akan pernah berkurang dengan dibagi, kebahagiaan tidak akan menyusut dengan membaginya bersama orang lain.

Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s