Memilih Teman

Ada kalimat yang sering saya dengar saat kecil dulu, bahwa teman adalah cerminan diri kita, berhati-hatilah memilih teman, kalo teman kita tukang parfum/ minyak Wangi maka kita pun akan ikut kena wanginya.

Hmmmm… teman, hidup terasa menyenangkan jika memiliki banyak teman, banyak sahabat. Akan ada banyak orang yang membantu kita, akan ada banyak orang yang berbagi dengan kita, akan ada banyak orang yang menopang kita saat jatuh.

Konon kata orang tua dan kata orang orang yang berpengalaman banyak memiliki teman haruslah selektif dan milih-milih jangan sampai kita salah pergaulan. Karena katanya jika kita berteman dengan tukang minyak Wangi maka kita pun paling tidak akan ikut kena Wangi dari minyaknya.

Memang benar wejangan tersebut, sangat benar. Namun yang perlu dikoreksi (menurut saya) adalah memilih teman. Bagi saya kita boleh bahkan harus berteman dengan siapa saja, dengan semua orang. Jangan membatasi pertemanan, Ingat makin banyak teman, makin banyak relasi maka rejeki kita akan semakin berlimpah dan Insya Allah umur kita akan panjang.

Berteman dengan preman, berteman dengan orang yang tidak baik, berteman dengan polisi, berteman dengan ustadz, kyai, pendeta, pandita, romo atau yang lainnya  Jangan pernah menyekat-nyekat diri akan pertemanan, dengan membuka lebar pintu pertemanan maka akan makin banyak saudara.

Dan jika sudah memiliki banyak teman jangan lupa untuk menjaga hubungan baiknya, jangan menyakiti, jangan menyinggung, jangan menodai pertemanan dengan apapun.

Ketika dalam pergaulan bersama teman, jadilah inspirasi bagi mereka. Jadilah penuntun mereka untuk kebaikan. Tidak harus mengajari, cukup beri contoh. Tidak perlu diceramahi cukup tunjukan caranya berbuat baik, yakinlah semuanya akan mendatangkan manfaat dan kebaikan yang berlipat bagi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s