Persaudaraan bukan Karena Saudara

Semua manusia pasti memiliki saudara, baik saudara karena pertalian darah, pernikahan atau persaudaraan karena persahabatan dan pertemanan yang erat. Senang rasanya memiliki saudara, karena ketika kita memiliki saudara kita akan merasakan bahwa kita tidak hidup sendirian, ada saudara tempat berbagi.

Kata Urang Sunda, batur paheuyeuk-heuyeuk leungeun. Bayangkan jika kita tidak memiliki saudara satu pun. apa yang akan kita rasakan? yang pasti adalah kesepian, lieuk euweuh ragap taya (ditengok tidak ada, dipegang/ sentuh juga tidak ada, basa sunda).

Apapun bentuknya persaudaraan akan terbentuk jika ada intensitas komunikasi dan ikatan bathin antara satu dengan yang lainnya dan kesediaan menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing serta saling menghargai.

Saya ingin sedikit bercerita, pengalaman saya. Saya adalah anak tunggal, sehingga tidak memiliki adik atau kakak, saya lah satu-satunya anak yang ada dirumah. Jujur dulu saya sering sekali merasa sepi, tidak ada teman bermain dan berbagi dirumah yang setara. Hanya ada teman sepermainan dan anak ua serta paman.

Namun, Allah itu selalu adil, saat saya beranjak dewasa hingga kini saya memiliki saudara (adik dan kakak) yang jumlahnya sangat banyak. Meski bukan kandung atau pertalian darah namun saya bersyukur karena mereka begitu baik. Yang saya jadikan kakak mau menjadi pengayom, dan yang saya anggap adik mau berkeluh kesah serta berbagi cerita kepada saya.

Luar biasa senangnya, tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Ternyata saudara itu tidak mesti yang sekandung atau memiliki ikatan darah, orang lain pun bisa menjadi saudara bahkan kedekatannya bisa lebih dekat dan lebih akrab dari saudara sendiri.

Memiliki saudara sama dengan melanggengkan silaturhami, dan silaturahmi akan memperpanjang umur kita, dengan cara memberikan kebahagiaan dan keceriaan sehingga akan menghilangkan kepenatan. Selain bertambah umur silaturahmi juga menambah rejeki, ya rejeki dengan bersaudara dan bersilaturahmi pintu rejeki akan terbuka dengan lebar, menambah jaringan, menambah informasi dan menambah relasi.

Intinya sih, setiap kebaikan akan selalu mendatangkan kebaikan yang lainnya begitu pun sebaliknya. Kejahatan akan kembali memberi efek jahat juga didepan, dan itu Pasti!.

Selamat Siang. Wasallam.

Follow twitter saya : @denikasep

Leave a Reply

