Siapa yang suka bersih-bersih rumah setiap hari? Seru bukan? rumah jadi bersih, nyaman untuk ditinggali dan gak risih tinggal didalamnya. Ketika rumah dibersihkan pasti akan ada saja kotoran atau sampah yang dibuang. Jika setiap hari dibersihkan, yakinlah sampah atau kotoran yang dibuang atau yang ada dirumah tidak akan menumpuk atau banyak, paling cuma debu atau sampah-sampah yang jumahnya sedikit.

Diri kita, manusia jika diibaratkan dengan rumah. Sama halnya dengan rumah, diri kita juga perlu dibersihkan setiap hari, Coba renungkan apa saja kotoran dan sampah yang ada dalam diri kita. Hayu mulai hari ini kita bersihkan setiap hari supaya tidak menumpuk dan merusak hidup kita.

Sampah dalam diri kita selain kotoran yang berwujud seperti kotoran dan air seni. Ada kotoran yang tidak nampak dan sangat berbahaya jika tidak pernah kita bersihkan. Contohnya, iri dengki, sikap benci, sikap tamak, sikap merasa diri paling hebat, dan sikap negatif lainnya.

Semua sifat negatif dan sikap negatif tersebut merupakan kotoran dalam diri kita dan hati kita. Sama seperti air seni dan peses yang harus dibuang setiap hari. Bayangkan jika berhari-hari kotoran (air seni dan peses) tidak kita buang, apa yang kita rasakan? kembung, perut begah dan tentu nafas kita akan menjadi bau.

Demikian pula adanya penyakit atau kotoran yang nampak, jika tidak kita rutin bersihkan setiap hari akan membuat diri kita menjadi terlihat suram, muram, angkuh dan sama sekali tidak enak dipandang.

Ada kalimat yang selalu saya ingat : Untuk segala sesuatu akan ada pembersihnya, dan pembersih hati adalah dzikrullah.

Selamat sore. Salam hangat.

Follow twitter saya di account : @denikasep

Advertisements