Memberi Hukuman

Dalam hidup disadari atau tidak manusia memiliki 2 tipe dalam mematuhi aturan atau dalam menjaga integritasnya. Yaitu ada yang mau patuh dan menjaga integritas jika diberi iming-iming hadiah yang menggiurkan dalam agama dan ajaran islam bagi mereka yang patuh disediakan Surga (Jannah) yang kenikmatannya tidak akan pernah bisa terbayangkan.

Tipe yang kedua adalah orang yang akan patuh jika diberi ancaman sanksi yang berat atau hukuman yang berat dalam agama dan ajaran islam telah disediakan Neraka (Naar) bagi mereka yang membangkang dan selalu berbuat kerusakan.

Jika saya perhatikan dengan seksama dalam hal pekerjaan pun kedua tipe orang ini sangat banyak, ada orang jika diberi aturan baru ‘ngagurutu’ dan membangkang meski sudah diberi peringatan jika tidak mematuhinya. Ada pula yang langsung nurut. Ada orang tidak suka diancam, namun suka diiming-imingi. Ada pula orang yang suka diancam namun tidak suka diiming-imingi.

Dalam mendidik anak pun juga sama, ada anak yang perlu diberi motivasi dengan menawarkannya hadiah, ada pula yang hanya mempan diberi motivasi dengan ancaman. tentu saja ancaman yang logis dan dapat diterima akal, jangan sampai merugikan masa depan mereka. Pun demikian, iming-iming hadiah jangan sampai terlalu memanjakan mereka.

Dalam dunia politik dan pemerintahan, seperti saat ini yang ada di Indonesia, sudah saatnya para koruptor dan para penjahat yang merusak bangsa ini diberi sanksi yang berat. Selain dimiskinkan dan atau dihukum seumur hidup. Jika diperbolehkan, hukuman yang lebih berat dari itu. Terutama bagi mereka penegak hukum, hukumannya harus lebih-lebih berat lagi. Karena mereka sangat paham akan hukum.

Efek jera dalam memberikan hukuman sangat penting, supaya tidak ada terjadi pengulangan kejahatan yang sama oleh yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s