Bala Bala

Ada yang tahu apa itu bala-bala? Bagi orang jawa barat atau urang sunda bala-bala tentu sudah tidak asing lagi, bahkan sangat familiar. Bala-bala adalah makanan ringan yang berbahan dasar tepung dan sayuran yang dimasak dengan digoreng. Bala-bala dalam bahasa lain disebut juga bakwan, ote-ote dan lain-lain.Saya secara pribadi sangat menggemari makanan ini, bahkan jika istri nanya mau dibuatkan apa untuk makanan ringa dirumah, saya selalu dan selalu bilang bala-bala. ya bala-bala saya sangat menyukainya. Ada banyak alasan kenapa orang menyukai makanan tertentu, ada yang karena rasa ada juga yang karena kenangan yang melekat pada makanan itu. Bagi saya menyukai makanan bala-bala adalah karena kenangan yang melekat padanya dan karena rasa yang khas.

Saya ingin bercerita sedikit pengalaman dan perjalanan hidup yang sudah saya lewati, yang ternyata jika diflash back penuh dengan batu terjal dan air mata. Ya, hidup saya penuh dengan batu terjal, air mata dan ada kebahagiaan yang terpancar dari semuanya.

Dulu, saat kecil bala-bala bagi saya adalah makanan mewah yang sangat berharga sebagai teman sarapan, teman makan siang dan teman makan malam bahkan menjadi jajanan saya waktu sekolah kenapa? ya karena waktu itu saya hanya sanggup membeli itu.

Sehingga sekarang, saat semuanya Alhamdulillah mulai membaik saya tidak akan pernah melupakan makanan yang bernama bala-bala. Ada banyak kenangan didalamnya, ada air mata, ada kebahagiaan, ada kerja keras dan semangat hidup yang luar biasa darinya. Saya tidak akan melupakan bala-bala karena dialah salah satu makanan yang sering membuat perut saya kenyang saat lapar, sering memberi tenaga saat saya mulai kelelahan dan memberi saya harapan saat tidak ada lagi lauk pauk didapur.

Semoga kita tidak akan melupakan jasa siapa pun dan apapun yang pernah berjasa dalam hidup hidup kita.

Leave a Reply

