Bangga yang Berlebihan

Saya ingin sedikit bercerita tentang sikap orang dalam menyikapi keberhasilan. Jujur ini adalah cerita yang benar-benar terjadi ditempat saya bekerja. Saya hanya ingin berbagi cerita sebagai bahan renungan dan bahan kita untuk introspeksi diri kita.

Ceritanya berawal ketika Saya, Atasan saya dan team melakukan meeting dan coaching kecil-kecilan sebagai sarana berbagi informasi dan review kinerja. Semua mengungkapkan unek-uneknya, kekesalannya dan kebanggaannya masing – masing.

Ditengah cerita ada yang bercerita tentang sikap teman saya yang berubah sejak dilakukan promosi jabatan dan mendapat kepercayaan lebih. Menjadi sangat-sangat sombong dan angkuh. Kami mendengarkan sembari menyimak satu per satu cerita dari rekan-rekan yang lain. Jika saya yang bercerita hanya satu orang saya akan menyangsikan cerita tersebut namun yang bercerita cukup banyak dan senada.

Untuk lebih meyakinkan kebenaran cerita tersebut saya dan atasan saya melakukan cross check kembali ke cabang tempat yang bersangkutan bertugas, suara miring yang senada pun kami dengar kembali. Luar biasa. Kesuksesan dan keberhasilan ternyata bisa membuat orang berubah dalam sikap terlebih gaya hidup.

Ada banyak sikap orang dalam menanggapi kesuksesan dan keberhasilan yang dicapai dan diraihnya, ada yang tetap rendah hati, ada yang tadinya songong ketika diberi jabatan atau keberhasilan berubah menjadi rendah hati dan baik, namun tak sedikit pula orang yang tadinya biasa-biasa saja atau bahkan nothing ketika mendapatkan jabatan atau something dia berubah menjadi sangat sombong, lupa daratan dan lupa diri.

Bukan meng-judge bahwa orang atau siapapun lupa diri atau lupa akan titik awalnya dahulu, namun saya sering dan banyak menyaksikan orang-orang seperti itu.

Ingin rasanya hati menegur dan memberi sedikit petuah untuk orang-orang seperti itu, namun kembali saya introspeksi diri. Ah, diri saya saja masih banyak yang perlu dibenahi dan diperbaiki, ngapain ngurusin kelakuan orang lain. Disisi lain, salah satu tugas saya dikantor adalah melakukan pembinaan untuk orang-orang yang bermasalah. Jadi mau tidak mau saya sering menegur orang seperti itu.

Meski tanggapannya sangat beragam dan cukup membuat bibir saya tersenyum lebar. Alhamdulillah diberi kesempatan untuk memberi tahu orang lain, sehingga diri ini masih bisa terus melakukan introspeksi dan koreksi diri.

Ok, kembali ke topik, bangga yang berlebihan atas apapun akan mengdatangkan sesuatu yang kurang baik, disadari atau tidak. misalkan sebagai orang tua, kita amat bangga akan prestasi anak dan terus mengelu-elukannya coba lihat pada anak anda apa yang terjadi, biasanya anaknya akan menjadi agak sombong jika tidak dibimbing dengan benar oleh orang tuanya.

Begitupun diri kita pribadi ketika kita memaknai dengan berlebihan keberhasilan dan pencapaian kita biasanya akan menelurkan sikap angkuh dan sombong, lupa daratan dan lupa akan titik nol kita. Sudah banyak terjadi.

Sikap terbaik menghadapi kesuksesan menurut saya adalah dengan syukur, syukur dan tafakur serta jangan lupa tetap rendah hati, menjaga sikap dan jangan pernah merubah siapa kita. Tetaplah menjadi diri kita yang sederhana dan apa adanya. Kalau gaya hidup mungkin akan berubah karena mau tidak mau saat penghasilan bertambah kita pasti harus menikmati hasil dari kesuksesan tersebut.

Namun sikap baik, rendah hati dan rasa syukur kita harus dan wajib ditambah porsinya. Dengan demikian, nikmat yang sudah ada akan terus bertambah dan terus berkembang. Sehingga kesuksesan dan keberhasilan tersebut akan langgeng dan terus menemani hidup kita.

Semoga,

Wasallam.

Find more about me with follow my twitter : @denikasep

Leave a Reply

