Masa Lalu

Masa lalu hanya akan menjadi penghambat terbesar untuk masa depan jika kau tidak rela melepaskannya. Masa lalu bukan untuk dilupakan, bukan pula untuk terus didekap, Lepaskan! dan jadikan sebagai pelajaran berharga untuk masa depan.

Semua manusia pasti memiliki masa lalu, PASTI. Satu second dari sekarang adalah masa lalu, masa lalu adalah pelajaran, masa lalu adalah pembelajaran dan masa depan adalah harapan dan keinginan serta angan-angan.

Masa lalu akan menjadi belenggu jika kita terus mendekapnya. Apapun masa lalu kita, baik sukses, maupun gagal, masa lalu adalah tetap masa lalu, lepaskan! kita hidup dimasa kini dan untuk masa depan.

Ibarat piring kotor saat kita tidak kunjung membersihkannya, tidak kunjung merapihkannya maukah kita menyimpan piring bersih disana? Jelas Tidak. karena piring bersih tersebut akan ikut menjadi kotor. Begitupun masa lalu kita, ibarat piring kotor masa lalu kita, jika tak kunjung kita bersihkan tak kunjung kita lepaskan maka masa depan akan enggan dan ogah menghampiri kita.

Masa depan adalah milik dan hak setiap individu yang mau dan rela melepaskan masa lalunya untuk hidup dimasa kini dan masa depan. Move On. Jangan terjebak nostalgia seperti lagunya Raisa. Masa depan jauh lebih penting, karena disanalah kita akan hidup dan menghabiskan waktu kelak.

Jadikan masa lalu sebagai cermin, sebagai pembelajaran. Jika masa lalu kita kelam dan gelap maka jadikan sebagai pelajaran agar kita tidak jatuh kembali ke masa tersebut. Jika masa lalu kita adalah kesuksesan dan cemerlang maka jadikan sebagai cambuk bahwa kita bisa lebih sukses lagi.

Semoga….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s