Satu Detik dari Sekarang

Adakah yag tahu apa yang akan terjadi pada diri kita, besok, lusa, tahun depan, 10 tahun yang akan datang atau bahkan sedetik dari sekarang. Jawabannya TIDAK ADA. Tidak ada seorang pun yang tahu atau mengetahui tentang kejadian apa yang akan dialaminya, dalam beberapa waktu kedepan.

Entah itu kebaikan atau itu keburukan semua misteri dan menjadi rahasianya. Pun demikian semua yang telah rencanakan dengan matang, tidak ada yang tahu apakah itu akan jadi atau berhasil ataukah malah hancur berantakan.

Kata pepatah “manusia hanya bisa merencanakan, Tuhan yang menentukan”. Pepatah ini sangatlah benar adanya, Semua yang terjadi dalam kehidupan dan didunia ini semua mengikuti mekanisme dan ketetapannya. Semua sudah diatur dengan sangat rapi dan tertata serta terencana. Tidak ada yang kebetulan, semua karena kehendak-Nya.

Satu menit kedeoan, satu detik dari sekarang kita tidak akan pernah tahu, apakah kita masih diberi kesempatan untuk hidup, apakah kita masih diberi kenikmatan sehat, kenikmatan iman dan islam atau kenikmatan-kenikmatan lainnya.

Karena ketidaktahuan itulah, maka kita diharuskan untuk senantiasa berbuat baik, beribadah dengan sebaik-baiknya dan mencari dunia semaksimal mungkin. Ada Hadist Nabi yang artinya kurang lebih : “Kejarlah duniamu seakan-akan kamu akan hidup selamanya, kejarlah akhiratmu (ibadahmu) seakan-akan kamu tahu bahwa kamu akan mati esok hari”.

Hadist ini mengingatkan kita untuk senantiasa optimis dalam hidup dan senantiasa memaksimalkan ikhtiar tanpa melupakan akhirat kita (ibadah) sehingga akan terjadi keseimbangan (balanced) dalam hidup. Dunia kiita dapat, akhiratpun kita raih.

Semoga senantiasa kita bisa menyeimbangkan keduanya, tidak berat sebelah. Sehingga semuanya bisa kita raih, dan kita menjadi manusia yang sukses dunia dan akhirat. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s