Jiwa Cermin

Manusia adalah mahluk sosial yang akan senantiasa berinteraksi dengan orang lain, dengan mahluk lain. Setiap hari kita pasti berhubungan dengan orang lain, dengan suami, dengan istri, dengan anak, dengan teman, dengan tetangga, dengan rekan kerja, dengan teman kumpul, bahkan dengan orang yang sama sekali tidak kita kenal.

Itu adalah kodrat manusia, sunatullah!. Dalam berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari sering kali mengalami menghadapi situasi dimana kita berselisih paham, terjadi gesekan bahkan kesalah pahaman yang berujung pada percekcokan atau permusuhan.

Bagi saya hidup itu cermin, semua yang kita lakukan akan kembali pada kita. Kenapa cermin? Karena dalam hidup apa yang kita tanam itukah yang akan kita tuai. Sama seperti cermin, saat kita tersenyum pada cermin maka bayangan kita dicermin akan ikut tersenyum juga. Gak Mungkin bayangan dicermin tersebut akan cemberut atau menangis.

Apa yang kita lakukan kepada orang lain, one day kita pasti akan mendapatkannya dari orang lain baik langsung maupun atau tidak langsung. Tinggal menunggu waktu saja, jika tidak saat ini ya tunggu saja nanti.

Kata nenek saya “lamun embung diciwit ulah nyiwit” (kalo gak mau dicubit, ya jangan nyubit”.) Banyak sudah orang yang membuktikannya, apa yang kita lakukan pada orang lain kita pun akan mendapatkannya. Misalkan, kita baik sama orang, maka percayalah akan banyak juga orang baik sama kita. Begitu juga sebaliknya, jika kita jahat sama orang lain, maka akan ada banyak orang yang jahat sama kita.

Kita hanya akan mendapatkan apa yang kita tanam, apa yang kita perbuat. Tidak ada kesuksesan pada diri kita jika kita tidak mengusahakannya, dan tidak akan ada kegagalan jika senantiasa berusaha untuk memperbaiki dan berjuang melawan kegagalan tersebut.

Kita hanya akan mendapat apa yang kita perbuat. Pemilik hidup itu sangat adil pada mahluknya. So, mari berbuat baik, berpikir positif supaya semua yang baik menjadi milik kita dan pikiran positif akan mengantarkan kita pada ketenangan bathin.

Semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s