Memulai Itu Sulit

Saat menyaksikan balapan MotoGP, saya sangat terkagum-kagum dengan keberanian dan kecepatan serta keahlian para rider dalam memacu kendaraan. Saya juga terkagum-kagum dengan keahlian penerbang yang dengan lihainya bermanufer diudara. Saya berpikir betapa hebatnya mereka, betapa luar biasanya kemampuan mereka.

Memperhatikan kehebatan orang lain, kita sangat takjub, sangat kagum. Tapi tahukah bahwa mereka menjadi jago, menjadi ahli, menjadi lihai, karena mereka rajin dan giat berlatih. Tak kenal putus asa, tak lelah mencoba meskipun sering kali gagal.

Mereka yang jago, mereka yang ahli saat pertama kali mereka memulai sangat kesulitan, mereka tertatih dan berkali-kali gagal. Namun mereka tidak menyerah mereka terus berusaha. Seperti saat dulu kita bayi, saat belajar tengkurep, belajar duduk, belajar berjalan, meski tertatih dan berkali-kali jatuh namun toh kita terus mencoba dan berusaha sampai bisa.

Itukah hidup. Percayalah, saat pertama memulai apapun akan terasa sulit, berat dan menyiksa. Itulah kenapa banyak orang yang memutuskan menyerah saat pertama kali mencoba baik dalam berusaha atau apa saja.

Karena memang yang pertama kali akan terasa sulit, akan terasa susah. Perlu waktu untuk menjadi jago, perlu waktu untuk menjadi ahli dan pakar. Karena hakikat dalam hidup tidak ada yang instan, semua perlu proses.

Semoga kita tidak menjadi orang yang mudah menyerah. Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s