Mengartikan Sukses

Sukses siapa yang tidak mau? semua orang pasti menginginkannya, termasuk saya. Sukses menjadi kata yang diimpi-impikan oleh semua manusia di muka bumi ini. Ada yang menginginkan sukses dalam berkarir, sukses dalam membangun keluarga, sukses mendidik anak, sukses dalam bisnis, sukses di sekolah, ada pula yang menginginkan untuk sukses dunia akhirat.

Lalu, apa yang dimaksud dengan sukses? sukses dalam web wikipedia sukses adalah “achievement of an objective/goals”. Yang artinya kurang lebih sukses adalah pencapaian atas apa yang menjadi tujuan. Pendek bukan? ya sangat pendek.

Jika kita lihat makna sukses yang sangat simple dan singkat sebenarnya sukses itu simple dan tidak ada patokannya, karena tujuan atau goal setiap orang tentu berbeda-beda sehingga sukses itu sangat berbeda berbeda antara orang yang satu dengan yang lain.

Sukses Milik Semua Orang

Pertanyaan yang kemudian muncul, siapa saja sih yang bisa sukses? Apakah pemulung bisa sukses? Apakah pengemis bisa sukses? ataukah hanya karyawan atau pengusaha saja yang sukses? Jawabannya adalah semua orang bisa sukses karena sukses milik semua orang dan semua orang berhak bahkan berkewajiban untuk sukses. Sukses bagi setiap orang akan berbeda cara memandangnya, menurut saya sukses belum tentu menurut orang lain sukses begitu pun sebaliknya, menurut orang lain sukses menurut saya belum tentu sukses. Sukses sangat tergantung terhadap cara pandang dan tujuan masing-masing.

Contoh sederhana begini, Bagi orang yang ingin menjadi terkenal atau menjadi artis ketika mereka masuk berita dan menjadi sorotan atau menjadi bahan berita untuk diberitakan sehingga popularitasnya menanjak baginya itu adalah sebuah kesuksesan namun bagi saya itu bukan kesuksesan. Semua orang punya pandangan sendiri-sendiri terhadap kesuksesan itu.

Bagi seorang tenaga pemasar ketika berhasil closing penjualan barang/ jasa yang dijualnya maka baginya itu adalah sebuah kesuksesan, tapi bagi yang lain belum tentu itu sebuah kesuksesan.

Namun demikian dari dua contoh tersebut diatas kita bisa menarik benang merah bahwa sukses adalah tercapainya tujuan. Bagi masyarakat umum secara general sukses adalah apabila : Karier mapan, mempunyai mobil, mempunyai rumah, hidup mapan, dan lain sebagainya. Kebanyakan orang melihat atau mengartikan sukses selalu berhubungan dengan materi.

Sehingga kita bisa menarik kesimpulan bahwa sukses itu milik semua orang, dan pada dasarnya semua orang sukses ketika mereka berhasil menacapai tujuan mereka. Sukses itu bukan apa kata orang lain, tapi apa yang kita rasakan.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s