Akar Masalah

Ketika kita mengalami masalah atau mendapatkan benturan dalam menjalani hidup sering kali kita mencari penyebabnya. Kita cari pada orang lain, kita berusaha mencari kesalahan atas kegagalan tersebut kepada orang lain.

Jarang sekali kita mau melihat kedalam diri kita, jarang sekali kita mau mencoba introspeksi diri atas permasalahan tersebut. Bahkan kita tidak mau disalahkan atas masalah tersebut, pokoknya semua masalah yang menimpa kita adalah salah orang lain, titik.

Kita sering lupa bahkan kita lupa sama sekali bahwa semua masalah apapun yang menimpa kita, semua masalah yang kita alami adalah murni semua berawal dari diri kita sendiri. Tidak ada satu pun masalah yang menimpa diri kita berasal dari orang lain, semua berasal dan berawal dari diri kita sendiri.

Karenanya alangkah bijaknya dan alangkah baiknya setiap kali kita tertimpa masalah, kita melakukan introspeksi diri, melakukan perenungan kenapa masalah tersebut bisa datang kepada diri kita. Apa yang telah kita lakukan, sehingga semuanya terjadi.

Tak ada satupun jarum yang menusuk/ melukai kulit kita kalau bukan karena kesalahan kita, kelalaian kita. Intinya semua masalah selalu berawal dan berasal dari diri kita sendiri, bukan orang lain. Jangan pernah menyalahkan orang lain, jangan mencari-cari alasan dengan menyalahkan orang lain. Akar masalah hidup kita ada pada diri kita sendiri, Bukan orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s